Destinator Pilih Benamkan Mesin Turbo, Bagaimana Cara Kerjanya?
Bagimana dengan perawatannya? Rifat menyebutkan mesin turbo modern Mitsubishi All-New Destinator sebenarnya sangat mudah dirawat. Bahkan perawatan dan perlakuannya sama dengan mesin bakar konvensional non-turbo.
"Jika dulu mesin turbo wajib dijeda beberapa saat sebelum dimatikan sehabis dipakai, maka isu tersebut tak diperlukan lagi pada mesin Mitsubishi Destinator. Keberadaan sistem pendingin turbo dengan prinsip water-to-air mampu menjaga suhu udara yang dimampatkan ke mesin tetap stabil. Jadi mesin aman dimatikan kapan saja," ujarnya.
Meski sama perawatan dan perlakuannya dengan mesin konvensional, namun sebaiknya bagi para pengguna Mitsubishi Destinator disarankan memperhatikan beberapa poin.
Perhatikan spesifikasi oli mesin yang dianjurkan. Jangan sampai terlewat untuk mengganti oli mesin, karena turbo sangat membutuhkan kualitas oli yang sangat baik untuk melumasi bagian-bagian penting di dalamnya.
Untuk bahan bakar yang dianjurkan pada Mitsubishi All-New Destinator yakni dengan kadar oktan 95. Menggunakan bahan bakar sesuai yang dianjurkan, terutama pada mesin turbo, performa kendaraan akan lebih optimal, mesin bekerja lebih halus, serta konsumsi bahan bakar lebih efisien.
Kinerja mesin turbo sangat ditentukan dari pasokan udara ke dalam mesin. Sebaiknya selalu jaga kebersihan saringan udara ke mesin agar kinerja turbo tetap maksimal.
Jika mobil tidak akan dipakai dalam waktu yang lama, sebaiknya selalu lakukan pemanasan mesin. Ini agar oli tetap bersirkulasi ke ruang bakar dan turbo, sehingga bagian internal tetap terlumasi dengan baik.
Editor: Dani M Dahwilani