Dianggap Mobil Mewah di Jakarta, Fortuner dan Pajero Sport di Papua Jadi Angkot

Muhamad Fadli Ramadan ยท Selasa, 27 September 2022 - 12:08:00 WIB
Dianggap Mobil Mewah di Jakarta, Fortuner dan Pajero Sport di Papua Jadi Angkot
Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport dianggap sebagai SUV mewah di Jakarta, di Papua justru jadi angkot. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id – Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport dianggap sebagai mobil sport utility vehicle (SUV) mewah di Jakarta dan kota lain di Indonesia. Harganya yang mencapai Rp500 juta ke atas membuat kedua mobil tersebut hanya bisa dimiliki kalangan menengah ke atas.

Fortuner dan Pajero Sport juga kerap dijadikan kendaraan dinas atau operasional perusahaan untuk mengantarkan pejabat dan petinggi perusahaan. Desainnya yang elegan dianggap sangat cocok untuk menjaga citra penumpangnya.

Namun, kondisi tersebut berbanding terbalik dengan keadaan di Indoneisa bagian paling timur, tepatnya Papua. Fortuner dan Pajero Sport digunakan sebagai taksi. Bahkan, populasi kedua kendaraan tersebut sangat banyak di sana.

Bukan hanya untuk mengangkut penumpang, Fortuner dan Pajero Sport juga digunakan untuk membawa hasil kebun, hewan hasil buruan seperti babi hutan, hewan ternak, dan barang-barang keperluan lainnya.

Fotuner dan Pajero Sport juga dijadikan angkutan kota (angkot) rute Nabire-Paninai. Kedua wilayah tersebut memiliki jarak sekitar 250 km dengan medan jalan berlumpur.

Kondisi tersebut sangat sulit dilalui mobil biasa yang tidak memiliki konfigurasi gearbox 4x4, seperti Fortuner dan Pajero Sport. Meski demikian, tak jarang kedua mobil tersebut terjebak di dalam lumpur.

Dikutip dari kanal YouTube Teknologi Populer, tarif yang dipatok untuk menggunakan jasa transportasi tersebut bervariasi mulai Rp500 ribu hingga Rp1 juta. Bahkan, harganya bisa lebih tinggi tergantung dari jarak tempuh dan kesulitan medan dilewati.

(Foto: Tangkapan Layar/Istimewa)
(Foto: Tangkapan Layar/Istimewa)

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda