Dibanderol Rp50 Miliar, Lamborghini Ini Bisa Dibeli tapi Tak Boleh Dibawa Pulang

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 12:01 WIB
Dibanderol Rp50 Miliar, Lamborghini Ini Bisa Dibeli tapi Tak Boleh Dibawa Pulang

Diproduksi terbatas hanya 40 unit, Lambirghini SCV12 tidak boleh dibawa pulang pemiliknya. (Foto: Car and Drive)

BOLOGNESE, iNews.id - Lamborghini telah merilis supercar terbaru bernama SCV12. Mobil tersebut diproduksi sangat terbatas hanya 40. Anehnya, supercar yang satu ini tidak boleh dibawa pulang pemiliknya.

Dilansir dari Car and Drive, Jumat (31/7/2020), alasan si pemilik tidak boleh membawa pulang mobil ini lantaran Lamborghini Essenza SCV12 merupakan sportcar khusus dipakai di sirkuit. Ini menjadikan mobil tersebut tidak boleh dibawa di jalan raya.

Setiap unit yang dibeli akan disimpan di hangar yang sudah dibangun khusus oleh Lamborghini di Sant'Agata Bolognese, Italia. Garasi penyimpanan mobil ini bisa didesain sesuai keinginan sang pemilik.

Soal keamanan, pemilik mobil bisa memantau keadaan kendaraan lewat aplikasi khusus yang sudah disiapkan. Pada setiap garasi juga terdapat kamera pengawas yang beroperasi 24 jam penuh.

Essenza SCV12 bukanlah mobil V12 pertama yang dibuat Lamborghini. Meski begitu, sportcar itu diklaim sebagai mobil yang paling bertenaga yang pernah diproduksi pabrikan yang bermarkas di Bolognese tersebut.

Jantung pacunya dibekali mesin berkapasitas 6,5 liter dengan konfigurasi V12 yang sanggup memuntahkan tenaga sebesar 820 hp. Demi menunjang kecepatan, Lamborghini memasang sasis carbon-fiber monocoque dan pipa pembuangan khusus yang bisa mengurangi back pressure.

Mobil dengan desain agresif ini dijual dengan harga 2,7 juta poundsterling atau setara dengan Rp50,8 miliar.

Lamborghini bukan pabrikan pertama yang menyediakan 'jasa' penyimpanan mobil. Ferrari sebelumnya punya paket penjualan serupa, terutama pada mobil-mobil yang cuma bisa dipakai di sirkuit.

Editor : Dani Dahwilani