Euro 4 Diberlakukan, Hino Gunakan Teknologi Mesin Common Rail 

Dani M Dahwilani · Rabu, 28 April 2021 - 21:51:00 WIB
Euro 4 Diberlakukan, Hino Gunakan Teknologi Mesin Common Rail 
Standar emisi Euro 4 berlaku, Hino gunakan teknologi mesin Common Rail untuk model kendaraan di Indonesia. (Foto: Hino)

JAKARTA, iNews.id - Hino Motors Limited (HML) menjadi produsen kendaraan komersial pertama yang mengembangkan teknologi Common Rail di dunia. Teknologi ini akan diterapkan pada seluruh kendaraan di Indonesia seiring dengan diberlakukannya standar emisi Euro 4  mulai 7 April 2022 untuk model kendaraan bermesin diesel. 

Saat ini, Indonesia merupakan salah satu basis produksi Hino di dunia, yang mengekspor kendaraan utuh atau Completely Build Up (CBU) untuk kategori kendaraan komersial truk dan bus (Light Duty). Hino Indonesia telah mengekspor kendaraan utuh sejak 2010 sampai saat ini, dengan truk yang diekspor ke berbagai negara di ASEAN dan Amerika Latin. Termasuk yang sudah standar emisi Euro 4 bermesin common rail ke Filipina dan Vietnam. 

"Dalam fase Hino Road to Euro 4 saat ini, berbagai pengembangan kendaraan telah kami lakukan sebagai pemain utama bus dan truk di Indonesia. Ini untuk memastikan kesiapan implementasi standar emisi Euro 4 tahun depan,” ujar President Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), Masato Uchida dalam acara ngobrol virtual bersama Forwot, Rabu (28/4/2021). 

Di Indonesia, Hino memperkenalkan teknologi mesin common rail sejak 2012. Saat ini beberapa model truk dan bus Hino bermesin common rail sudah menjadi andalan para pebisnis di Indonesia, seperti Hino Ranger FM 285 JD untuk dump, Ranger FL 245 JN dan FM 350 TH untuk cargo serta Hino bus RN 285.  

Apa itu Common Rail? Ya, Common Rail adalah sistem akumulator tekanan bahan bakar. Di mana bahan bakar disemprotkan ke ruang bakar injektor yang dikontrol secara elektronik.  

Kerja injector menentukan jumlah dan waktu bahan bakar disemprotkan yang diatur komputer mesin atau ECU. Kombinasi inilah yang digunakan untuk meningkatkan kerja mesin diesel sekarang.  

Mesin injeksi common rail memungkinkan kontrol emisi dan konsumsi bahan bakar serta tenaga lebih baik. Mesin dengan teknologi common rail dapat memberikan lebih banyak tenaga ke kendaraan dan mengonsumsi lebih sedikit bahan bakar, serta menghasilkan lebih sedikit emisi sehingga lebih irit.  

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2