Gagang Pintu Mobil Rata Bodi Terancam Dilarang di China, Ini Alasannya
Gagang pintu yang dapat ditarik sepenuhnya telah menjadi elemen desain yang lazim pada kendaraan listrik baru (NEV) modern, yang sering dikategorikan menjadi "tipe tuas" (mekanisme fisik) dan "tipe pop-out yang dikontrol secara elektronik" (bermotor).
Meski dipuji karena estetika futuristik dan manfaat aerodinamisnya, kegunaan praktis dan keamanannya semakin dipertanyakan. Terutama pada kondisi kecelakaan, di mana sistem mekanis biasanya tidak berfungsi.
Beberapa produsen mobil telah mengambil pendekatan yang lebih hati-hati. Volkswagen, misalnya, secara konsisten memilih gagang pintu semi-retractable, menyeimbangkan estetika dengan kepraktisan dan keamanan.
Model A5L dan Q6L e-tron generasi baru FAW–Audi dilengkapi gagang pintu semi-retractable dengan saklar mikro terintegrasi. Jika terjadi tabrakan, tali penarik berwarna merah akan otomatis terbuka, berfungsi sebagai pegangan mekanis untuk penyelamat eksternal.
Wei Jianjun, Chairman Great Wall Motor, secara terbuka mengkritik gagang pintu tersembunyi, menyatakan bahwa kontribusinya terhadap pengurangan hambatan dapat diabaikan dan gagang tersebut memiliki penyegelan yang buruk, berisik, dan bergantung pada tenaga listrik, sehingga menimbulkan bahaya keselamatan.