Gandeng Startup AS, Hyundai dan Kia Bangun Platform Mobil Listrik

Dani M Dahwilani ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 18:23 WIB
Gandeng Startup AS, Hyundai dan Kia Bangun Platform Mobil Listrik

Hyundai dan Kia mengembangkan platform mobil listrik (all-electric) baru bersama startup Canoo. (Foto: Carscoops)

SEOUL, iNews.id - Dua merek Korea Selatan, Hyundai dan Kia mengembangkan platform mobil listrik (all-electric) bersama startup Canoo. Di mana platform ini didasarkan desain skateboard Canoo yang dapat digunakan kendaraan listrik Hyundai dan Kia di masa depan.

Kolaborasi ini akan melihat Canoo menyediakan layanan teknik untuk memenuhi kebutuhan Hyundai dan Kia. Perusahaan berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) ini merupakan pemain baru di bidang electric vehicle (EV). Mereka telah membuat nama merek sendiri dengan desain skateboard miliknya.

Pada September 2019, Canoo mempresentasikan van listrik luas yang diharapkan akan mulai dibangun pada 2021.

Dilansir dari Carscoops, Kamis (13/2/2020), Hyundai mengatakan dengan menggunakan arsitektur skateboard Canoo, dapat mengurangi biaya pengembangan model Hyundai dan Kia listrik sehingga harga lebih terjangkau. Selain platform EV, arsitektur Canoo juga akan mendukung Personal Built Vehicles (PBV) Hyundai yang dipamerkan di CES 2020, sebagai salah satu pilar strategis solusi mobilitas pintar.

“Kami sangat terkesan dengan kecepatan dan efisiensi, di mana Canoo mengembangkan arsitektur EV inovatif. Mereka menjadi mitra teknik yang sempurna bagi kami ketika transisi menjadi pelopor dalam industri mobilitas masa depan,” ujar kepala penelitian dan pengembangan Hyundai Motors Group, Albert Biermann.

“Kami akan berkolaborasi dengan para insinyur Canoo untuk mengembangkan konsep platform Hyundai yang hemat biaya secara otonom dan cocok untuk adopsi massal,” katanya.

"Kami telah bekerja mengembangkan kendaraan listrik baru yang berani, dan bermitra dengan pemimpin global seperti Hyundai adalah momen yang sah untuk perusahaan muda kami," kata bos Canoo, Ulrich Kranz.

"Ini adalah kehormatan nyata bagi kami membantu Hyundai mengeksplorasi konsep arsitektur EV untuk model masa depan mereka," ujarnya.

Editor : Dani Dahwilani