Ganti Herbert Diess, Vokswagen Tunjuk Ralf Brandstaetter sebagai CEO Merek VW

Dani M Dahwilani ยท Selasa, 09 Juni 2020 - 07:33 WIB
Ganti Herbert Diess, Vokswagen Tunjuk Ralf Brandstaetter sebagai CEO Merek VW

Volkswagen Group menunjuk Ralf Brandstaetter (kanan) menggantikan Herbert Diess sebagai chief executive oficer (CEO) merek VW. (Foto: AFP)

BERLIN, iNews.id - Volkswagen Group mengumumkan mengganti Herbert Diess sebagai chief executive oficer (CEO) merek VW. Grup mobil Jerman itu menunjuk Chief Operating Officer (COO) Ralf Brandstaetter memimpin perusahaan di tengah upaya memangkas biaya operasional pabrik.

Dilansir dari Reuters, Selasa (9/6/2020), perombakan manajemen terjadi setelah berminggu-minggu terjadi pertengkaran antara pemimpin dan manajer buruh Volkswagen yang berpengaruh pada rencana pemotongan biaya terkait perubahan radikal menuju mobil listrik.

Volkswagen mengatakan Brandstaetter akan mengambil alih kursi pada 1 Juli, untuk memberi Diess sebagai CEO grup. Diess akan berkonsentrasi mengawasi merek-merek di bawah naungan Volkswagen, seperti Audi, Bentley, Skoda, Lamborghini dan Porsche.

"Ralf Brandstaetter adalah salah satu manajer perusahaan yang paling berpengalaman. Karena itu, saya sangat senang Ralf Brandstaetter akan terus maju dengan pengembangan merek sebagai CEO," kata Diess, dalam pernyataannya.

Perombakan manajemen akan mengakibatkan kepergian kepala pengadaan dan komponen Stefan Sommer. Diketahui, Sommer bergabung dengan VW pada 2018 bertugas mengawasi rencana ambisius membangun pabrik-pabrik besar untuk kendaraan elektrifikasi.

Sebelumnya, sumber mengatakan, dewan pengawas Volkswagen mengadakan pertemuan luar biasa untuk membahas pergantian Diess sebagai CEO merek VW.

Diess juga mendapat tekanan setelah Volkswagen terpaksa menghentikan penjualan model VW Golf terbaru karena gangguan perangkat lunak pada saat perusahaan sedang bersiap memproduksi massal mobil listrik VW ID.3.

Penghematan biaya dirancang untuk membantu membayar investasi 34 miliar euro (38 miliar dolar AS) pada mobil listrik (EV) dan otonom, serta 50 miliar euro untuk pengadaan baterai EV.

Editor : Dani Dahwilani