Gendong Mesin Diesel 4N15 MIVEC Turbo, Begini Perawatan Pajero Sport

Dani M Dahwilani · Kamis, 27 Januari 2022 - 16:07:00 WIB
Gendong Mesin Diesel 4N15 MIVEC Turbo, Begini Perawatan Pajero Sport
Pajero Sport mempertahankan mesin diesel 4N15 2.4L MIVEC dengan Turbocharged dan Intercooled (variabel geometry turbo/VGT). (Foto: MMKSI)

JAKARTA, iNews.id - Pasar mobil sport utility vehicle (SUV) terus tumbuh seiring dengan pergeseran segmen di Indonesia. Pengembangan fitur dan mesin pun dilakukan untuk menjawab kebutuhan konsumen.

Salah satu kendaraan bermain di segmen ini adalah Mitsubishi Pajero Sport. Mobil mid-SUV ini mempertahankan mesin diesel 4N15 2.4L MIVEC dengan Turbocharged dan Intercooled (variabel geometry trubo/VGT) yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 181 PS pada 3.500 rpm dan torsi 430 Nm pada 2.500 rpm. 

Mesin ini juga dikenal hemat bahan bakar dan mudah dalam perawatan. Pereli sekaligus Rifat Sungkar mengatakan, merawat mesin turbo tidaklah sulit, namun perlu perhatian ekstra. 

Pertama, perhatikan temperatur mesin Kinerja tinggi pada mobil bermesin turbo, pengguna disarankan untuk memperhatikan temperatur mesin. Ini penting untuk menjaga performa kendaraan agar optimal dan tidak terjadi kerusakan. 

"Hal harus diperhatikan pada mobil turbo yaitu panas. Kalau mobil turbo dipakai jalan panjang, rileks dulu supaya temperatur normal," ujar Rifat, dalam press conference MMKSI, belum lama ini.

Kedua, perhatikan water coolant (air radiator). Untuk mengatur suhu mesin gunakan water coolant berkualitas baik. Ini agar proses pendinginan mesin oleh radiator berjalan optimal. 

Ketiga, gunakan pelumas sesuai dengan spesifikasi mobil turbo. "Tugas pelumas cukup berat. Salah pelumas bisa membuat perputaran mesin berat dan temperatur naik, sehinga membuat konsumsi BBM tinggi. Sebab itu gunakan pelumas yang tepat," ujar brand ambassador Mitsubishi di Indonesia ini. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: