Gunakan Sasis Ladder Frame, Alasan Pajero Sport Lebih Tangguh di Jalan Off-Road
JAKARTA, iNews.id - Mobil sport utility vehicle (SUV) memiliki dua model rangka (sasis), yaitu ladder frame (sasis tangga) dan monocoque/monokok (sasis unibody). Apa perbedaannya?
SUV ladder frame memiliki bodi yang dipasang di atas rangka terpisah. Mobil ini lebih tangguh untuk medan berat (off-road). Sementara SUV monocoque menggabungkan sasis dan bodi menjadi satu kesatuan sehingga lebih ringan, cocok untuk kendaraan perkotaan.
Salah satu mobil SUV yang menggunakan sasis ladder frame adalah Mitsusbishi Pajero Sport. Mobil ini kerap digunakan di berbagai medan, baik on-road maupun off-road.
Rifat Sungkar, pereli dan brand ambassador Mitsubishi Motors Indonesia mengatakan, Pajero Sport menggunakan konstruksi ladder frame untuk memberikan kekuatan dan daya tahan ekstra, terutama saat menghadapi medan berat. Inilah salah satu alasan mengapa Pajero Sport sering digunakan sebagai kendaraan keluarga sekaligus menjelajah alam.
“Mobil ini tuh kokoh, kekar, dan building quality-nya bagus. Untuk mobil yang sebesar itu, this car is very friendly untuk perempuan nyetir, untuk punya rasa percaya diri untuk nyetir. Jadi, gua rasa driving dynamic dari mobilnya itu sendiri yang ngagenin," ujarnya, saat berbincang dengan jurnalis, belum lama ini.
"Inilah yang menjadi faktor penting membuat Pajero Sport kuat di berbagai kondisi dengan penggunaan ladder frame sebagai struktur rangkanya," kata Rifat.
Pajero Sport memiliki beberapa varian. Pada varian Dakar, mobil ini dilengkapi mesin berkode 4N15. Mesin ini memiliki kubikasi 2.442 cc dengan turbo intercooler diesel Euro 4 dan konfigurasi 4-silinder. Tenaga yang dihasilkan mencapai 181 PS dengan torsi puncak 430 Nm. Spesifikasi ini memberikan akselerasi yang kuat dan responsif, ideal untuk medan off-road dan perjalanan jarak jauh.