Ini Dampaknya Bila Mesin Mobil Tidak Pernah Dipanaskan

Dani M Dahwilani ยท Senin, 18 Mei 2020 - 06:01 WIB
Ini Dampaknya Bila Mesin Mobil Tidak Pernah Dipanaskan

Untuk menjaga kondisi mobil tetap prima, selain menjaga kebersihan juga jangan malas menghidupkan kendaraan dengan memanaskan mesin. (Foto: Ilustrasi/MMKSI)

JAKARTA, iNews.id - Mobil lama diparkir di rumah bukan berarti tidak butuh perawatan. Untuk menjaga kondisi mobil tetap prima, selain menjaga kebersihan juga jangan malas menghidupkan kendaraan dengan memanaskan mesin.

Lakukan ini minimal 3 hari sekali selama 10 sampai 15 menit dengan menjaga putaran idle di 1.500 RPM atau lebih. Bagaimana bila mesin tidak pernah dihidupkan dalam beberapa minggu?

Head of Aster Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Boediarto mengemukakan, saat mobil tidak beroperasi cukup lama, baterai biasanya akan mengalami penurunan kualitas. Karena tidak ada siklus pengisian ulang energi listrik dari alternator.

"Tak butuh waktu lama, sekitar 10 sampai 15 menit, ini dapat mengisi daya secara optimal. Perhatikan pula jenis aki yang dipakai, bila tipe basah, periksa kuantitas air. Untuk aki kering (baterai free maintenance) dapat mengecek besaran tegangan dengan multitester," ujarnya, dalam video conference bersama jurnalis, baru-baru ini.

Boediarto menjelaskan dengan memanaskan mobil sirkulasi pelumasan pada mesin juga akan terjaga. Ini untuk mencegah oli mengendap di bagian bawah.

Jika ini terjadi fungsi pelumas bisa berkurang. Dampaknya bakal terasa saat dinyalakan. Komponen di dalam akan saling bergesekan tanpa perlindungan, dan bila dibiarkan mesin berpotensi rusak.

"Jika mobil terlanjur jarang dinyalakan, ada baiknya mengganti cairan pelapis terlebih dahulu. Problem ini sebenarnya bisa dicegah dengan rutin memanaskan mobil minimal 3 hari sekali untuk menjaga sirkulasi oli di dalam mesin," katanya.

Di samping itu, lanjut Boediarto, bila kendaraan tidak pernah dihidupkan jika mobil terjadi masalah tidak ketahuan. Karena lampu indikator dan sistem informasi kendaraan akan muncul pada saat mobil dihidupkan.

Berita Lain Bisa Dibaca di Sindonews.com: Wuhan Subsidi Rp21 Juta untuk Setiap Warganya yang Beli Mobil Listrik

Editor : Dani Dahwilani