Kota Sumber Virus Corona Wuhan Beri Subsidi Rp21 Juta bagi Warga yang Beli Mobil

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 17 Mei 2020 - 17:17 WIB
Kota Sumber Virus Corona Wuhan Beri Subsidi Rp21 Juta bagi Warga yang Beli Mobil

Kota asal virus corona, Wuhan, Hubei, China menawarkan subsidi bagi konsumen yang akan membeli mobil. (Foto: AFP)

WUHAN, iNews.id - Kota Wuhan, Hubei, China menawarkan subsidi bagi konsumen yang akan membeli mobil. Insentif diberikan kota asal virus corona (Covid-19) ini untuk menghidupkan kembali industri otomotif setelah beberapa bulan mati suri.

Dilansir dari Reuters, Minggu (17/5/2020), pemerintah Kota Wuhan menawarkan subsidi 10.000 yuan (1.415 dolar AS) atau sekitar Rp21 juta kepada penduduk yang membeli kendaraan listrik buatan lokal. Sementara mobil berbahan bakar bensin akan mendapatkan subsidi hingga 5.000 yuan.

Subsidi tersebut berlaku hingga akhir tahun. Sebelumnya, Reuters melaporkan Wuhan mempertimbangkan untuk mendukung produsen mobil lokal Dongfeng Motor Corp.

Diketahui, Wuhan menghasilkan 1,5 juta unit kendaraan pada tahun lalu. Kota ini juga merupakan rumah bagi pabrik-pabrik yang dimiliki perusahaan patungan Dongfeng Motor Group, yakni Honda Motor dan Peugeot SA, serta kerja sama General Motors dengan SAIC Motor.

Saat wabah, kota berpenduduk 11 juta jiwa ini menyumbang lebih dari 80 persen 4.600 kematian di China akibat virus corona. Mereka menderita penurunan produk domestik bruto pada kuartal pertama sebesar 40,5 persen dari tahun sebelumnya.

Editor : Dani Dahwilani