Jajal Daihatsu Xenia Terbaru, Mobil Berpenggerak Roda Depan
JAKARTA, iNews.id - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah meluncurkan All New Xenia pada pameran GIIAS 2021. Low MPV ini telah bereinkarnasi menjadi kendaraan berpenggerak roda depan (FWD) dari sebelumnya roda belakang.
Seperti apa impresi berkendara mobil ini? Jurnalis MNC Portal berkesempatan test drive Daihatsu All New Xenia di Kebumen-Semarang, Jawa Tengah, pada 1-2 Dsember 2021. Rute yang dilintasi daerah perkotaan, pegunungan dan pedesaan dengan kondisi jalan beragam.
Mobil yang digunakan jurnalis adalah All New Xenia tipe 1.3 R dual VVTI ADS bertransmisi manual 5 percepatan.
Perjalanan hari pertama dimulai dari Kulonprogo, Yogyakarta menuju Jogosimo, Kebumen sebagai destinasi pertama. Selama perjalanan sejauh kurang lebih 57 kilometer, rute yang dilalui didominasi trek lurus dan sedikit berlubang.

Duduk di dalam kabin cukup mengesankan. Selama perjalanan bantingan di jalan berlubang dan rusak dapat teredam dengan baik berkat suspensi baru.
Sesampainya di Jogosimo, Kebumen, para awak media diajak meresmikan konservasi penyu sebagai bagian dari tanggung jawab sosial ADM yang diwujudkan melalui pelestarian lingkungan di bidang keanekaragaman hayati.
Setelah meresmikan konservasi penyu di Jogosimo, awak media melanjutkan perjalanan menuju destinasi kedua menikmati santap siang di pantai Petanahan.

Perjalanan dilanjutkan menuju destinasi ketiga, yaitu ke SMK Muhammadiyah Kutowinangun, yang berjarak sekitar 30 km untuk meresmikan fasilitas Daihatsu Skill School Center sebagai sarana pendukung aktivitas belajar mengajar bagi para guru dan siswa di sekolah tersebut.
Perjalanan berikutnya menuju Semarang. Di sinilah pengetesan performa dimulai. Perjalanan sejauh 180 Kilometer dari Kebumen menuju Semarang dilalui melintasi berbagai kondisi jalan. Kapasitas penumpang lima orang ini menjadi tantangan menarik.
Di sinilah jurnalis mencoba mengetahui opini masyarakat terkait perdebatan ubahan sistem penggerak roda depan pada mobil tersebut. Banyak masyarakat yang ragu mempertanyakan apakah low MPV ini kuat menanjak?
Saat melintas tanjakan Xenia terbaru dapat melahap tanjakan dengan baik. Ini dibuktikan ketika melintasi jalur Boja dan Bendungan yang dikenal terjal.
Pengendalian dan handling bermanuver juga kian lebih baik dan rasa limbung saat kecepatan tinggi berkurang dari model sebelumnya. Selain itu, pengendalian lingkar kemudi steer dan kopling juga sangat ringan.

Sesampainya di Semarang, setelah makan menuju penginapan untuk beristirahat dan bersiap melanjutkan perjalanan pada hari berikutnya.
Pada hari kedua, rombongan awak media melanjutkan perjalanan menuju destinasi pusat kulineran di Kota Semarang, Jawa Tengah. Dalam pengetesan ini turut merasakan karakter mesin dan penggerak roda depan di jalan perkotaan.
Selama melintasi perjalanan padat, mobil cukup nyaman. Untuk sistem keamanan pada unit yang digunakan MNC Portal selama pengetesan dilengkapi dengan fitur Antilock Brake System (ABS) & Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Stop Signal (ESS), dan Dual Airbag.
Secara keseluruhan dalam pejalanan selama dua hari, rasa berkendara All New Xenia tipe R 1.3 dual VVTI MT ADS berbeda dari generasi sebelumnya. Banyak ubahan fitur dan gaya berkendara. Kekhawatiran performa penggerak roda depan pun terjawab mobil ini dapat melintasi berbagai kondisi jalan.
So, itulah perjalanan kami bersama All New Xenia.
Editor: Dani M Dahwilani