Jarum RPM Mobil Mati, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tangguh Yudha ยท Senin, 04 Juli 2022 - 11:08:00 WIB
Jarum RPM Mobil Mati, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
RPM atau revolutions per minute merupakan indikator pengukur putaran mesin pada mobil. (Foto: Toyota)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak masalah yang dijumpai pada mobil, terutama yang sudah berumur. Salah satunya jarum RPM mati.

RPM atau revolutions per minute merupakan indikator pengukur putaran mesin. Jarum RPM akan bergerak selama mesin menyala, walaupun mobil tidak bergerak. RPM sangat penting untuk mengetahui performa atau masalah pada mobil.

Bagi pemilik mobil, penting untuk mengetahui penyebab jarum RPM mati dan cara mengatasinya. Dilansir dari blog Auto2000, Minggu (3/7/2022), berikut ulasannya.

1. Masalah kelistrikan

Seperti diketahui bersama, panel indikator erat sekali kaitannya dengan sistem kelistrikan kendaraan. Bisa dibilang hubungan antara keduanya tidak dapat dipisahkan. Jadi, jika jarum RPM mati bisa jadi sistem kelistrikan pada dashboard mobil mengalami korsleting.

Untuk memastikan jarum RPM mati benar-benar disebabkan oleh sistem kelistrikan yang korslet bisa melakukan pemeriksaan kabel. Lakukan pemeriksaan oleh ahlinya, Jika sistem kelistrikan bermasalah, segera lakukanlah perbaikan.

2. Masalah pada panel

Selain bermasalah pada sistem kelistrikan, penyebab jarum RPM mobil mati bisa juga karena kesalahan pada panel. Umumnya, jika ada panel speedometer yang rusak, indikator akan mati secara otomatis dan tidak berfungsi.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda