Kaleidoskop: Deretan Mobil Baru China dan Korea di 2020, Ada yang Bertenaga Listrik

Riyandy Aristyo · Selasa, 29 Desember 2020 - 09:12:00 WIB
Kaleidoskop: Deretan Mobil Baru China dan Korea di 2020, Ada yang Bertenaga Listrik
Luncurkan deretan mobil baru, China dan Korea berusaha merebut pasar kendaraan yang saat ini didominasi Jepang. (Grafis)

JAKARTA, iNews.id - Pasar otomotif Indonesia dinilai sangat menjanjikan. Meski dihantam pandemi Covid-19, sejumlah pabrikan tetap meluncurkan jajaran mobil barunya di Indonesia.

Merek yang paling agresif adalah mobil asal China dan Korea Selatan. Bahkan, Hyundai akan membangun pabrik di Indonesia.

Mereka berusaha merebut pasar yang saat ini didominasi mobil Jepang. Dari sekian banyak mobil baru yang  mereka luncurkan pada 2020, ada beberapa model dibekali mesin bertenaga listrik. Berikut deretannya:

1. Kia Seltos

Kia Seltos meluncur pada 20 Januari 2020 di bawah PT Kreta Indo Artha (KIA). Mobil ini dibekali mesin Kappa 4 berkapasitas 1.353 cc turbocharger. Kia Seltos dibanderol Rp295 juta on the road (OTR) Jakarta.

2. Hyundai Ioniq Electric

Pada bulan yang sama, saudara senegaranya, Hyundai juga memasarkan mobil listrik Ioniq Electric. Mobil ini menggendong baterai 38,3 kWh yang dapat berjalan sejauh 373 km dalam kondisi full. Soal harga, Hyundai membanderol Ioniq EV Rp624,8 juta on the road Jakarta.

3. DFSK Gelora E

PT Sokonindo Automobile, melalui Dongfeng Sokon (DFSK) memperkenalkan Gelora E, mobil MPV yang dibekali tenaga listrik dan mesin bensin. Untuk varian engine bensin, Gelora E membawa mesin 1.5L DVVT yang sudah berstandar emisi Euro 4 dibanderol Rp169 juta on the road Jakarta.

4. Wuling Cortez CT Type S

Dalam merayakan usia ketiga tahun di Indonesia, Wuling Motors meluncurkan varian terbaru Cortez, yakni Type S. MPV ini menggendong mesin 1.451 cc, 4 silinder segaris, DOHC, DVVT. Mobil tersebut dijual seharga Rp209 juta on the road Jakarta.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2