Kia Uji Tabrak Mobil dengan Cara Unik Dijatuhkan dari Ketinggian

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 28 Juni 2020 - 23:59 WIB
Kia Uji Tabrak Mobil dengan Cara Unik Dijatuhkan dari Ketinggian

Kia Selandia Baru menguji tabrak kendaraan dengan cara menjatuhkan MPV Carnival dari ketinggian 12,6 meter. (Foto: Indianautosblog/Kia)

WELLINGTON, iNews.id - Kebanyakan produsen mobil menguji tabrak kendaraan di jalan datar atau horizontal. Tes tabrakan dilakukan untuk menguji kemampuan kendaraan menyerap dampak kecelakaan bagi penumpang.

Namun, Kia Selandia Baru punya cara unik dalam menguji tabrak kendaraannya. Mereka mengujinya secara vertikal.

Ini dilakukan dengan cara menjatuhkan Kia Carnival dari ketinggian 12,6 meter. Menggunakan derek, kendaraan diletakkan pada permukaan rata secara vertikal sejajar 90 derajat dari permukaan. MPV tersebut kemudian dilepas dari ketinggian dengan cara dijatuh dengan kecepatan 56 km/jam.

Orang dapat dengan jelas mengamati bahwa Kia Carnival telah menyerap dampaknya dengan cukup efektif, dengan kap depan dan bemper mengalami kerusakan. Zona crumple MPV menyerap sebagian besar dampak, sehingga menghasilkan kerusakan minimal ke belakang. Airbag dari mobil menyebar dalam sepersekian detik, dan pada saat sama, zona keselamatan juga berdampak, dengan efek minimal mencapai kaki boneka di dalam.

Kia Carnival telah meraih peringkat bintang-5 dalam uji tabrak ANCAP, namun itu untuk model 2016 dan iterasi terbaru belum menerima peringkat. Adapun versi Kia Carnival yang digunakan untuk tes adalah iterasi terbaru.

Editor : Dani Dahwilani