Kisah 110 Tahun Rolls-Royce, sang Pelopor Penerbangan Tewas di Usia 32 Tahun

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 03 Juni 2020 - 07:07 WIB
Kisah 110 Tahun Rolls-Royce, sang Pelopor Penerbangan Tewas di Usia 32 Tahun

Meskipun Rolls saat ini jauh lebih terkenal karena prestasi otomotif, kontribusinya terhadap penerbangan sangat besar dan penting. (Foto: Rolls-Royce)

Pada pukul 20.00, dia kembali ke Dover, di mana Daily Telegraph melaporkan, dermaga dipenuhi orang-orang, semuanya sangat bersemangat dengan hasil perjalanan ini. Rolls menghadiahkan mereka dengan atraksi terbang berputar-putar di sekitar menara kastil.

"Saya memutuskan karena saya punya banyak bensin dan mesin saya bekerja dengan baik, saya mengelilingi Castle, meskipun itu akan memperpanjang penerbangan saya," ujar Rolls kepada koresponden Telegraph kala itu.

Dalam petualangan selama 95 menit, Rolls telah mencapai dua landmark abadi. Dia menjadi orang Inggris pertama yang menerbangkan pesawat melintasi Selat Inggris, dan penerbang pertama yang terbang tanpa henti dari Inggris ke Prancis dengan kembali selamat.

Penerbangan tersebut menjadi sensasi dan membuat Rolls menjadi selebriti instan. Raja George V yang baru saja dinobatkan menduduki singgasana mengirim telegram pribadi. “Sang Ratu dan saya dengan sepenuh hati memberi selamat kepada Anda atas penerbangan Cross-Channel Anda yang luar biasa. George R.I."

Aero Clubs dari Inggris dan Prancis menghadiahkan kepadanya penghargaan khusus. Madame Tussauds yang terkenal di London bahkan membuat patung lilinnya.

Sementara itu, Flight Magazine memuji semangat Korintusnya, dengan meyakinkan para pembaca Rolls telah membuat sejarah ini bukan atas nama “hanya memenangkan suvenir” dan “tanpa bujukan moneter terkecil” - sebuah julukan yang mungkin agak menggelitik Rolls, yang telah menghabiskan hampir sepertiga dari 1 juta pounds (dengan harga saat ini) dari uangnya sendiri untuk terbang di paruh pertama 1910.

"Ini adalah satu-satunya saat saya berhasil membawa sepuluh galon bahan bakar keluar masuk Perancis tanpa membayar bea," kata Rolls.

Editor : Dani Dahwilani

Halaman : 1 2 3 Tampilkan Semua