Mengenal Mobil Tercepat Pertama di Dunia Benz Velo

Dani M Dahwilani ยท Kamis, 16 April 2020 - 09:10 WIB
Mengenal Mobil Tercepat Pertama di Dunia Benz Velo

Berdasarkan catatan sejarah, mobil produksi tercepat di dunia dipegang nenek moyang Mercedes-Benz, Benz Velo 1894. (Foto: Mercedes-Benz)

JAKARTA, iNews.id - Bicara mobil tercepat di dunia ada dua merek supercar yang mendominasi dalam beberapa tahun terakhir. Dia adalah Koenigsegg dan Bugatti.

Merek mobil asal Swedia dan Prancis itu bersaing sebagai jet darat tercepat di muka bumi. Namun, tahukah Anda mobil apa tercepat pertama di dunia?

Berdasarkan catatan sejarah, mobil produksi tercepat di dunia dipegang nenek moyang Mercedes-Benz. Dia adalah Benz Velo produksi 1894. Mobil ini pada zamannya merupakan mobil terkencang di dunia yang dijual secara komersial.

Foto: Mercedes-Benz
Foto: Mercedes-Benz

 

Penemu mobil ini adalah Karl Benz. Benz Velo didukung mesin 1.0 liter, dengan output maksimal lebih dari 2,75 tenaga kuda (hp). Mobil tersebut sanggup berlari hingga 19 km/jam.

Pada awalnya, Velo dilengkapi mesin bertenaga 1,5 hp pada 450 rpm. Hingga akhir produksi 1901, performa mesin ditingkatkan menjadi 3,5 hp pada 800 rpm.

Sejak 1898 dan seterusnya, variasi yang lebih lengkap ditawarkan perusahaan, yakni "Velociped Comfortable" atau "Comfortable". Secara keseluruhan ada sekitar 1.200 unit "Velo" dan "Comfatable" diproduksi, yang sebagian besar untuk ekspor.

Editor : Dani Dahwilani