Mengenal Sosok Luc Donckerwolke, Orang di Balik Desain Peugeot, VW dan Hyundai

Dani M Dahwilani · Kamis, 30 April 2020 - 05:21 WIB
Mengenal Sosok Luc Donckerwolke, Orang di Balik Desain Peugeot, VW dan Hyundai

Saat masih bergabung dengan Grup Volkswagen, Luc Donckerwolke mendesain Lamborghini Diablo VT, Murcielago dan Gallardo.

JAKARTA, iNews.id - Bagi industri otomotif nama Luc Donckerwolke memiliki reputasi tinggi dalam desain kendaraan. Dia merupakan sosok di balik desain merek-merek ternama.

Bagaimana perjalanan karier Donckerwolke? Pria Belgia berusia 55 tahun ini memulai karier di bidang desain pada 1990 bersama Peugeot. Dua tahun kemudian, Donckerwolke pindah di bawah atap Grup Volkswagen (VW). Dia mendesain Skoda Octavia dan Fabia generasi pertama.

Dia juga membantu merancang Audi A4 Avant, mobil balap Le Mans R8 dan A2. Donckerwolke juga mendesain Lamborghini Diablo VT, Murcielago dan Gallardo.

Selanjutnya, Donckerwolke bertanggung jawab atas Seat Ibiza Mk4, Tribu dan IBE concept, serta Bentley Flying Spur dan EXP 10 Speed ​​6.

Donckerwolke kemudian memutuskan bergabung dengan Hyundai pada akhir 2015. Dia mendesain Kona dan Palisade.

Donckerwolke juga membantu membentuk Genesis, memberinya identitas unik yang menarik garis batas antara merek mobil mewah baru dan Hyundai. Dia merancang sedan G80 dan G90, serta SUV GV80.

Namun, Donckerwolke memilih meninggalkan kursinya sebagai kepala desainer Hyundai Motor Group. Walau relatif tidak lama, kontribusinya di Grup Hyundai dipuji Albert Biermann, kepala divisi Penelitian dan Pengembangan Hyundai.

"Dia telah menjadi inspirasi besar bagi kita semua, sebagai pemimpin luar biasa yang berhasil mengubah operasi desain perusahaan, mengambilnya ke tingkat berikutnya," katanya.

Atas kepergian Luc Donckerwolke, Hyundai dikabarkan tidak akan menunjuk kepala desain baru untuk grup. Desain merek Hyundai dan Genesis akan diteruskan Sang Yup Lee. Kemudian, Karim Habib, yang baru bergabung dengan perusahaan setahun lalu memimpin merek Kia.

Editor : Dani Dahwilani