Menjajal Ketangguhan SUV Suzuki XL7, Bagaimana Akselerasi dan Kenyamanannya?

Dani M Dahwilani ยท Senin, 30 Maret 2020 - 11:45 WIB
Menjajal Ketangguhan SUV Suzuki XL7, Bagaimana Akselerasi dan Kenyamanannya?

Suzuki XL7 menggunakan platform Heartect membuat kendaraan lebih ringan, kokoh dan meningkatkan performa, serta efisiensi bahan bakar. (Foto: iNews.id/Dani M Dahwilani)

JAKARTA, iNews.id - Suzuki baru saja meluncurkan sport utility vehicle (SUV) XL7 di Indonesia. Mobil ini mencuri perhatian dengan tampilannya yang serba baru.

Secara fisik Suzuki XL7 memiliki postur lebih jangkung dari basisnya, Ertiga dengan penggunaan pelek 16 inci. Bumper depan dan belakang besar sehingga terlihat tangguh.

Bagaimana experience mengendarai low SUV teranyar Suzuki ini? iNews.id mendapatkan kesempatan menjajal XL7. Mobil yang dikendarai adalah tipe tertinggi XL7 Alpha transmisi otomatis.

Rute yang dipilih jalanan perkotaan serta lintasan menantang di pesisir Jakarta dan pegunungan wilayah Bogor. Total jarak yang ditempuh lebih dari 350 km, sehingga relatif cukup waktu untuk menguji ketangguhan mobil ini.

 

XL7 memiliki konfigurasi tujuh tempat duduk, sehingga cocok sebagai kendaraan keluarga dan dibawa berbagai aktivitas. Walau kendaraan diisi penuh bersama keluarga mobil ini terasa lapang dan nyaman.

Suzuki XL7 memiliki dimensi panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm dan tinggi 1.710 mm, dengan jarak sumbu roda 2.740 mm, menjadikan jarak kursi tengah dan belakang cukup luas. Kursi baris ketiga yang biasanya pada model kendaraan lain seperti dianaktirikan sempit. Kursi belakang XL7 nyaman, lutut penumpang dewasa tidak mentok dengan posisi kursi dapat diatur sesuai kebutuhan.

 

Bagian kursi belakang mobil ini juga bisa direbahkan hingga rata. Jika membawa barang banyak, tidak perlu khawatir karena bagasi sangat luas.

Tidak hanya itu, Suzuki XL7 dilengkapi kompartemen lengkap dari mulai kursi depan hingga baris ketiga. Masing-masing kursi memiliki cup holder dan di setiap baris dilengkapi row power outlet untuk mengisi daya ponsel. Istimewanya mobil memiliki ventilated cup holder yang ditempatkan di antara kursi depan, sehingga minuman tetap dingin dan segar selama di perjalanan.

 

Akselerasi dan Suspensi

Sebagai mobil SUV, Suzuki XL7 didukung ground clearance cukup tinggi 200 mm, sehingga enak diajak berakselerasi di berbagai kondisi jalan. Meski mendapat penyesuaian suspensi, XL7 tetap terasa empuk saat melewati jalan bergelombang.

Ini teruji saat diajak berlari di jalan layang Tol Bekasi-Karawang. XL7 tidak limbung walau dipacu di trek tidak rata.

Editor : Dani Dahwilani

Halaman : 1 2 3 4 Tampilkan Semua