Menjajal Mesin Turbo 1.000 Cc Toyota Raize, Tenaganya Bikin Kaget

Dani M Dahwilani · Jumat, 07 Mei 2021 - 15:21:00 WIB
Menjajal Mesin Turbo 1.000 Cc Toyota Raize, Tenaganya Bikin Kaget
Toyota Raize menggendong mesin terbaru 1.000 cc 1KKE-VET Turbochanger 3 silinder yang terasa bertenaga dan smooth. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Toyota Raize baru saja meluncur. Mobil ini hadir di segmen anyar SUV kompak berkapasitas lima penumpang.

Menariknya, Toyota Raize menggendong mesin terbaru 1KR-VET, 3 Cylinder Turbo, In-line, 12 Valve DOHC with VVT-i. Tak heran, banyak yang penasaran dengan performa mobil ini.

Bagaimana sensasi berkendara mobil tersebut? Jurnalis iNews.id mendapatkan kesempatan menjajal Toyota Raize GR Sport TSS melintasi jalanan di Jakarta dan Tangerang.

Kesan pertama melihat Raize adalah sporty dan stylish. Memiliki dimensi panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm, Raize tetap terlihat proporsional berkat wheelbase mencapai 2.525 mm dan ground clearance setinggi 200 mm.  

Duduk di depan kemudi, bangku mobil ini dapat diatur maju mundur dan ketinggian sesuai dengan postur serta posisi mengemudi yang nyaman.

Posisi tombol engine start-stop berada di sebelah kiri. Begitu mesin dihidupkan suara terasa halus dan minim getaran. Melintasi jalanan yang padat, saat mobil ini diajak bermanuver terasa gesit dan lincah. Demikian pula saat melintasi berbagai kondisi jalan, suspensi Raize terasa nyaman.

Ketika memasuki parkiran gedung bertingkat yang menanjak tenaga mobil terasa enteng. Fitur Hill Start Assist (HSA) pada Raize membuat pengemudi tenang saat berhenti ditanjakan. Pengendara tak perlu khawatir mobil mundur.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2