Menjajal Performa Mobil Suzuki Hybrid di Jepang, Begitu Gaspol Tenaganya Bikin Kaget
Menariknya, jurnalis juga diberikan kesempatan menjajal Suzuki Swift Sport. Mobil ini berbeda dengan model standar dirancang dengan desain sporty dan mesin bertenaga buas.
Dalam uji coba ini, teknologi Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-ion battery pada tiga mobil hybrid Suzuki bisa langsung dirasakan. Gabungan keduanya melahirkan Acceleration Assist meringankan kinerja mesin saat berakselerasi, Engine Auto-Stop dapat mengurangi penggunaan bahan bakar saat tidak diperlukan dan Regenerative Braking untuk mengisi kembali daya listrik pada baterai.
Test Drive
Mobil pertama yang dijajal jurnalis iNews.id adalah Suzuki Hustler Hybrid. Mobil berkapasitas mesin 1.000 cc turbo hybrid ini terasa nyaman dan mudah dalam pengendalian. Begitu dijajal di tempat fast track, mobil ini mampu berlari dengan responship.
Bahkan, pada kecepatan di atas 100 km per jam Hustler tetap nyaman dan stabil. Hustler yang masuk kategori Kei Car menggedong mesin 1.0 L Direct injection turbo engine with mild hybrid yang menghasilkan tenaga maksimal 73 kW pada 5,500 rpm dan torsi 150 Nm pada 1,700-4,000 rpm
Fitur keselamatan Hustler mencakup Autonomous Emergency Brake, False Departure Restraint, Adaptive Cruise Control, dan Lane Departure Prevention.
Model kendaraan lainnya yang dicoba jurnalis iNews.id adalah Escudo Hybrid. Mobil ini terasa nyaman dan memiliki akselerasi mumpuni. Sebagai mobil SUV kompak kendaraan ini memiliki sasis nyaman dan mesin bertenaga.
Escudo hybrid menggendong mesin empat silinder DualJet 1.500 cc bertenaga 99 tk dan torsi 132 Nm. Sementara motor listriknya menghasilkan tenaga 33 tk dan torsi 60 Nm.
Menariknya, mesin tersebut menyalurkan tenaga ke keempat roda melalui girboks otomatis ASG 6-percepatan, yang dikombinasikan dengan sistem All Grip AWD Suzuki.
Escudo memiliki fitur keselamatan, yaitu Autonomous, Emergency Brake, False Departure Restraint, Adaptive cruise control , Lane Departure Prevention dan Blind Spot Monitor.
