Mitsubishi Recall 139.111 Unit Xpander terkait Masalah Pompa Bahan Bakar

Dani M Dahwilani ยท Senin, 22 Juni 2020 - 10:57 WIB
Mitsubishi Recall 139.111 Unit Xpander terkait Masalah Pompa Bahan Bakar

MMKSI mengumumkan penarikan kembali (recall) 139.111 unit Mitsubishi Xpander dalam program perbaikan Field Fix Campaign. (Foto: MMKSI)

JAKARTA, iNews.id - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan penarikan kembali (recall) Mitsubishi Xpander dalam program perbaikan Field Fix Campaign. Langkah ini terkait masalah pada Fuel Pump (pompa bahan bakar).

“Xpander merupakan model yang sangat penting bagi Mitsubishi Motors dan Indonesia. Program kampanye perbaikan merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab Mitsubishi dalam menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan guna memastikan keamanan dan kenyamanan serta menjamin layanan purna jual. Kami mengundang konsumen Mitsubishi Xpander melakukan pemeriksaan kendaraannya dengan prosedur mudah dan tanpa biaya” ujar President Director of MMKSI, Naoya Nakamura dalam keterangan resminya, Senin (22/6/2020).

Mitsubishi akan memeriksa dan mengganti komponen Fuel Pump sebanyak 139.111 unit Xpander produksi 2017-2019. Di mana berdasarkan investigasi perusahaan ditemukan fenomena Fuel Pump di dalam tangki dapat berhenti beroperasi, yang berpotensi mengakibatkan mesin tidak dapat dinyalakan atau berhenti bekerja.

Mitsubishi menjelasakan kemungkinan penyebabnya adalah impeller memuai dan berubah bentuk. Kemudian bergesekan dengan bagian di sekitarnya, sehingga impeller berhenti berputar.

Kampanye perbaikan dilakukan dengan pemeriksaan pada label modul Fuel Pump Xpander dan mengganti unit fuel pump dengan yang sudah disempurnakan. Estimasi pelaksanaan pemeriksaan sekitar 1 jam per unit dan proses pemeriksaan dan perbaikan sekitar 2 jam per unit.

MMKSI melalui dealer kendaraan penumpang Mitsubishi di seluruh Indonesia akan menginformasikan dan mengirimkan undangan kampanye perbaikan kepada konsumen yang kendaraannya terlibat. Kampanye perbaikan akan dimulai pada 22 Juni 2020 di seluruh dealer kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia. Konsumen tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis terkait program perbaikan ini.

Pemilik kendaraan dapat datang ke dealer resmi Mitsubishi untuk melaksanakan pemeriksakan pada kendaraannya. Bila ID produk Fuel Pump sesuai dengan daftar mobil terlibat di program ini maka konsumen akan mendapatkan penggantian part Fuel Pump yang sudah disempurnakan.

Untuk memudahkan pelaksanaan kampanye perbaikan konsumen dapat mengatur jadwal pemeriksaan dengan memanfaatkan fasilitas service booking melalui Mitsubishi Motors Customer Care maupun aplikasi My Mitsubishi ID.

Mitsubishi menyebutkan untuk kenyamanan dan keamanan pada situasi pandemi saat ini, konsumen dapat mengikuti kampanye perbaikan dengan memanfaatkan layanan Home Service. Di mana pelaksanaan kampanye perbaikan dilakukan di rumah konsumen, sebagai pilihan tambahan dari opsi datang langsung ke dealer. Bila ID produk Fuel Pump sesuai dengan daftar mobil terlibat di program ini maka konsumen akan mendapatkan penggantian part fuel pump yang sudah disempurnakan.

"Konsumen dapat mengatur jadwal pemeriksaan dengan memanfaatkan fasilitas service booking melalui Mitsubishi Motors Customer Care maupun aplikasi My Mitsubishi ID,” katanya.

Editor : Dani Dahwilani