Nasib Datsun Dihidupkan dan Dimatikan Kembali Nissan

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 15 Mei 2020 - 13:42 WIB
Nasib Datsun Dihidupkan dan Dimatikan Kembali Nissan

Alasan penghematan, penyetopan produksi Datsun merupakan kedua kali dilakukan Nissan setelah 1986. (Foto: Dok/iNews.id)

TOKYO, iNews.id - Nissan Global telah mengumumkan untuk melakukan penghematan besar-besaran. Salah satunya dengan menyuntik mati kembali merek mobil Datsun.

Penyetopan produksi Datsun ini merupakan kedua kali dilakukan Nissan. Sementara yang pertama terjadi pada 1986 saat nama Datsun sudah mendunia.

Nissan mengambil alih Datsun sejak 1934 atau tepatnya 3 tahun setelah Datsun resmi lahir di dunia. Padahal, nama Datsun sendiri pernah ada pada 1914 dengan arti nama DAT, yakni nama depan tiga orang pendiri perusahaan Den, Aoyama dan Takeuchi.

Baru di 1931 mereka resmi meluncurkan nama Datson yang bisa diartikan sebagai 'son of Dat' (anak dari Dat). Nama itu muncul karena mobil yang diproduksi lebih kecil dari keluaran sebelumnya. Namun, karena 'son' dalam bahasa Jepang artinya 'kehilangan', kemudian diubah menjadi Datsun.

Bersama dengan Nissan, Datsun terus berjalan bersama, termasuk saat masuk ke pasar otomotif Eropa dan Amerika Serikat. Hingga akhirnya disuntik mati pada 1986.

Setelah 20 tahun, atau tepatnya pada 2013, Nissan kembali menghidupkan kembali merek tersebut. Datsun muncul sebagai mobil murah yang disiapkan untuk pasar yang tengah berkembang, seperti Indonesia, India, Afrika Selatan, dan Russia.

Dilansir dari Jalopnik, setelah 7 tahun comeback, atas alasan keuangan Nissan memutuskan mematikan kembali Datsun di Indonesia pada akhir 2019, dan negara-negara lain di dunia.

Lantas, apakah Datsun akan dihidupkan lagi di masa depan? Kita tunggu saja.

Berita Lain Bisa Dibaca di Sindonews.com: Pangkas Biaya Rp32,2 Triliun, Renault juga Hentikan Produksi Escape

Editor : Dani Dahwilani