Nissan Rilis Mobil Listrik Ariya, Dibanderol Rp500 Jutaan

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 18 Juli 2020 - 20:32 WIB
Nissan Rilis Mobil Listrik Ariya, Dibanderol Rp500 Jutaan

Nissan Rilis Mobil Listrik Ariya (Foto: Insideevs)

TOKYO, iNews.id - Nissan baru saja meluncurkan mobil listrik bernama Ariya. Mobil yang dibanderol dengan harga Rp582 juta ini dibekali dengan baterai yang membuat Nissan Ariya melaju sejauh 482 km.

Dikutip dari Insideevs, Sabtu (18/7/2020), Nissan Ariya sendiri memiliki dua pilihan baterai yakni 65 kWh dan 90 kWh. Paket baterai 90 kWh dapat menghasilkan jarak tempuh berkendara 482 km. Sementara paket baterai 65 kWh menempuh 362 km.

Nissan tidak memberikan informasi jumlah waktu yang diperlukan untuk mengisi daya Ariya. Hal ini seharusnya menjadi penting, terutama bagi kendaraan yang membutuhkan waktu lebih dari 15-20 menit untuk mencapai kapasitas 80 persen.

Sel-sel baterai Nissan ini disuplai oleh raksasa baterai Cina CATL dan akan menjadi sel NMC prismatik (Lithium, Nikel, Mangan, Cobalt dan Oksida). Sel baterai ini berbeda dengan yang digunakan oleh Nissan Leaf.

Mobil listrik ini hadir dalam berbagai konfigurasi seperti versi penggerak dua roda dan pengaturan motor listrik kembar yang memungkinkan penggerak semua roda dengan sebutan e-4ORCE.

"Mungkin, Ariya adalah mobil paling berteknologi maju yang pernah dibuat Nissan dalam sejarahnya. Kita meletakkan semua sumber daya dan pengetahuan di dalam mobil ini," kata Wakil Presiden Senior Nissan, Ivan Espinosa.

Dari segi tampilan, Nissan Ariya terlihat lebih sporty daripada crossover Nissan lainnya. Meski tidak memiliki banyak garis tajam, namun, desainnya lebih lembut dan lebih ramah keluarga.

Di dalam kabin ada dua layar horizontal 12,3 inci, satu di belakang kolom kemudi dan yang lainnya di tengah dasbor. Ini bukan floatin screen di atas dasbor seperti Tesla's Model 3 dan Model Y, tetapi lebih ke gelombang yang mudah dioperasikan.

Fitur hiburannya mengadopsi teknologi Apple CarPlay dan konektivitas nirkabel Android Auto. Artinya, Ariya adalah model pertama Nissan yang disematkan pembaruan firmware over-the-air untuk meningkatkan sistem infotainment mobil, arsitektur listrik dan elektronik, sasis, sistem iklim, dan pengaturan EV.

Editor : Dini Listiyani