Pabrik Peugeot di Inggris Pangkas Hari Kerja 4 Hari Seminggu

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 11 Maret 2020 - 15:05 WIB
Pabrik Peugeot di Inggris Pangkas Hari Kerja 4 Hari Seminggu

Efisiensi, pabrik mobil Peugeot di Inggris akan memangkas aktivitas menjadi empat hari kerja dalam seminggu, pada akhir bulan ini. (Foto: AFP)

LONDON, iNews.id - Pabrik mobil Peugeot di Inggris akan memangkas aktivitas menjadi empat hari kerja dalam seminggu pada akhir bulan ini. Langkah tersebut sebagai efisiensi perusahaan menghadapi pasar mobil Eropa yang lemah.

Pabrik Ellesmere Port di bagian utara Inggris memproduksi mobil Vauxhall dan Opel Astra di bawah 62.000 unit pada tahun lalu. Para pekerja sedang menunggu keputusan, apakah investasi baru akan dibuat untuk menjaga fasilitas tetap buka yang bergantung pada proses kesepakatan Brexit (Inggris dan Uni Eropa).

"Pabrik kami di Ellesmere Port akan beroperasi selama empat hari per minggu dengan jam kerja yang diperpanjang setiap hari," ujar produsen mobil itu dalam pernyataannya, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (11/2/2020).

"Ini menghasilkan jumlah jam kerja yang sama selama empat hari seperti sebelumnya lima hari, sehingga tidak berdampak pada volume," katanya.

Tidak ada pemutusan hubungan kerja yang dilakukan, tetapi sang produsen akan mempelajari keputusan ini dan berdiskusi dengan perwakilan serikat pekerja, apakah ada dampaknya.

Pada awal Maret, bos perusahaan induk PSA Group, Carlos Tavares mengatakan, fasilitasnya di Eropa memiliki persediaan yang cukup untuk terus berjalan di tengah bayangan wabah virus korona.

Editor : Dani Dahwilani