Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Melantai di GJAW 2025, Mazda Bawa 4 Model Mobil Beri Pengalaman Berkendara Lebih Personal
Advertisement . Scroll to see content

Pangsa Pasar Mobil Jepang Turun, Mazda Akui Ikut Terkoreksi

Selasa, 16 Desember 2025 - 16:37:00 WIB
Pangsa Pasar Mobil Jepang Turun, Mazda Akui Ikut Terkoreksi
Mazda mengungkapkan hanya mengalami penurunan 0,12 persen market share pada Oktober 2025. (Foto: Dok)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id – Sepanjang 2025, pasar otomotif di Indonesia mengalami dinamika yang kompetitif. Serbuan pasar mobil China dan belum pulihnya roda eknonomi, membuat pabrikan Jepang tertekan. 

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada Q3 2025 dan analisis pasar otomotif lokal PwC Indonesia (2025), struktur permintaan konsumen terlihat bergeser. Beberapa segmen melemah, sementara segmen lain menunjukkan ketahanan dan pertumbuhan. Fenomena ini mencerminkan perubahan preferensi konsumen Indonesia.

Kondisi ini diakui Mazda. Chief Operating Officer (COO) PT Eurokars Motor Indonesia (Mazda Indonesia), Ricky Thio memberikan perspektif mengenai kondisi tersebut. Menurutnya, dinamika ini menegaskan keputusan pembelian kendaraan semakin multidimensional. 

“Di Indonesia, sebagian besar orang masih menganggap mobil sebagai means of mobility, elemen penting dalam kehidupan sehari-hari. Di sisi lain, banyak orang juga melihat mobil sebagai cara untuk enrich the quality of life, sejalan dengan pemikiran Mazda bahwa the joy of driving may create the joy of living,” ujar Rizky dalam keterangan persya, Selasa (16/12/2025).

Kondisi pasar pada Q3 tahun 2025 menunjukkan kompetisi yang semakin ketat. Di tengah perlambatan beberapa segmen, Mazda mengklaim menjadi salah satu brand yang mampu menjaga stabilitas performa. 

Ricky mengungkapkan Mazda hanya mengalami penurunan 0,12 persen market share pada Oktober 2025. Ini lebih rendah dibanding dari pangsa pasar beberapa pabrikan Jepang lain yang terkoreksi 2–3 persen.

Pada level retail, kontraksi sebesar 39-44 persen terjadi pada beberapa brand kompetitor asal Jepang dan Eropa di segmen kendaraan premium. Sementara Mazda berada di 29 persen. Ini ditopang performa stabil Mazda CX-5, Mazda CX-3, dan Mazda 3 Hatchback, line-up yang dikenal dengan keindahan desain dan karakter berkendara khas Mazda.

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut