Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Hyundai Bakal Luncurkan Mobil Listrik Baru di Indonesia, Intip Bocorannya
Advertisement . Scroll to see content

Perang Mobil Listrik China Memanas, Ini Strategi Wuling

Jumat, 16 Agustus 2024 - 15:21:00 WIB
Perang Mobil Listrik China Memanas, Ini Strategi Wuling
Setelah Wuling, pasar mobil listrik China semakin memanas dengan kehadiran Jetour, BYD, Aion, Seres, Neta, DFSK, Chery dan MG. (Foto: iNews.id)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Pasar mobil listrik semakin memanas dengan banyaknya brand dan model kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Indonesia. Bisa dikatakan saat ini genderang perang mobil listrik China dimulai.

Sebagai perintis mobil listrik, Wuling Motors mengaku percaya diri (pede) menghadapi banyak brand kendaraan China yang masuk Indonesia. Saat ini, merek mobil asal Negeri Tirai Bambu yang memboyong mobil listrik adalah Jetour, BYD, Aion, Seres, Neta, DFSK, Chery dan MG.

Menanggapi itu, Public Relations Manager Wuling Motors, Brian Gomgom mengemukakan, Wuling telah memiliki tiga model mobil listrik, yaitu Air EV, Binguo EV dan Claud EV (ABC). Total penjualan mobil listrik Wuling dari Januari sampai Juli 2024 mencapai 7.000-an unit.

"Melihat banyak pemain, Wuling pede berkompetisi di segmen EV. Mayoritas penjualan dari Januari sampai Juli ditempati Binguo EV. Untuk Cloud EV sejak diluncurkan (Mei 2024) sudah di angka 2.000-an unit. Artinya segmen itu ada peminatnya," ujar Gomgom, Kamis (15/8/2024).

Dia menerangkan saat ini penjualan mobil Wuling didominasi mobil EV. Di mana mobil listrik menyumbang 70 persen dari total penjualan mobil Wuling di Indonesia.

"Jadi kami fokus di tiga itu dulu. Karena semuanya punya potensi besar dan sedang tumbuh. Kita masih yakin dengan strategi itu," katanya. 

Secara keseluruhan, total penjualan mobil listrik Wuling pada Januari-Juli 2024 mencapai 7.093 unit, masing-masing Binguo EV 3.743 unit, Cloud EV 2.907 unit dan Air EV 1.253 unit.

Sebelumnya, Head of Marketing Communication PT BYD Motor Indonesia Luther Panjaitan mengatakan pesaingan merupakan hal biasa. Sebab, di dalam negeri (China) mereka juga bersaing.

"Bisa dikatakan kami di China juga bersaing. Jadi kami menghadapinya hal biasa. Pastinya kami memiliki strategi dan segementasi pasar tersendiri," kata Luther, beberapa waktu lalu.

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut