Perbedaan Mobil Berpenggerak Roda Belakang dan Depan, Begini Sistem Kerjanya 

Dani M Dahwilani · Selasa, 23 Maret 2021 - 06:07:00 WIB
Perbedaan Mobil Berpenggerak Roda Belakang dan Depan, Begini Sistem Kerjanya 
Sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda, rangkaian sistem kemudi ini sangat penting untuk menentukan performa sebuah mobil. (Foto: Daihatsu)

JAKARTA, iNews.id – Saat ini, industri otomotif hadir menawarkan berbagai inovasi untuk menambah kenyamanan penggunanya. Salah satunya bisa dilihat dari perkembangan sistem penggerak roda mobil.  

Sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda, rangkaian sistem kemudi ini menjadi hal penting untuk menentukan performa sebuah mobil, seperti kenyamanan, kestabilan, dan efisiensi. 

Di dunia otomotif, terdapat lima jenis konfigurasi sistem penggerak mobil, yaitu Front Engine-Front Wheel Drive (FF); Front Engine-Rear Wheel Drive (FR)); Mid Engine-Rear Wheel Drive (MR); Rear Engine-Rear Wheel Drive (RR); dan Four Wheel Drive/All-Wheel Drive (FWD/AWD). Di pasar mobil Indonesia, sistem penggerak FF dan FR yang paling banyak diminati. 

Apa perbedaannya sistem kemudi FF dan FR? Pada sistem kemudi FF, mesin mobil berada di bagian depan dan penggerak mobil berada di roda depan. Sementara FR, mesin mobil berada di bagian depan mobil dan penggerak mobil terdapat pada roda belakang. 

Salah satu pabrikan mobil yang menerapkan sistem penggerak ini adalah Daihatsu. Mereka memiliki line-up mobil yang menggunakan kedua pilihan konfigurasi sistem kemudi tersebut untuk memproduksi kendaraan yang nyaman dan efisien. Masing-masing sistem kemudi ini memiliki keunggulan dan karakteristiknya sendiri.  

Pada mobil dengan sistem kemudi FF, seperti Daihatsu Sirion, Ayla, dan Sigra, berat mobil menjadi lebih ringan dikarenakan tidak ada tambahan komponen pada sistem penggerak yang menghubungkan putaran mesin dari depan ke roda belakang. Ini membuat konsumsi energi bahan bakar menjadi lebih irit.  

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2