Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Insentif Mobil Listrik Dihentikan Tahun Depan, Begini Sikap Gaikindo
Advertisement . Scroll to see content

Ribuan Komponen Kendaraan Bensin Tak Ada pada Mobil Listrik, Parts Lebih Sedikit Kok Mahal?

Selasa, 20 September 2022 - 06:56:00 WIB
Ribuan Komponen Kendaraan Bensin Tak Ada pada Mobil Listrik, Parts Lebih Sedikit Kok Mahal?
Satu unit mobil bermesin bensin memiliki sekitar 3.000 komponen, sedangkan mobil listrik hanya butuh sekitar 600 komponen. (Foto: Reuters)
Advertisement . Scroll to see content

Adapun contoh item komponen mesin mobil konvensional berbahan bakar minyak (BBM) yang tidak ada pada mobil listrik, di antaranya.

1. Busi

Busi merupakan komponen terpenting pada mobil pembakaran internal. Untuk menciptakan pembakaran, percikan listrik yang dihasilkan busi akan membakar bensin.

Percikan api tersebut berhasil muncul karena sistem pengapian konvensional yang digunakan sejak kendaraan bermotor dengan bensin pertama kali dibuat. Hingga saat ini sistem pengapian tersebut masih terus digunakan.

2. Kepala Silinder

Kepala sinder atau biasa disebut head merupakan komponwn utama pada sebuah mesin pembakaran internal. Ini memiliki fungsi yang cukup penting, mulai dari perannya sebagai ruang pembakaran, saluran intake dan exhaust, lokasi mekanisme katup, sirkulasi oli, water jacket, hingga tempat pemasangan busi.

Secara umum, kepala silinder terbuat dari bahan campuran antara besi tuang dan aluminium ringan. Kedua bahan tersebut memiliki kemampuan mendinginkan yang baik dan lebih aman dari risiko pemuaian.

3. Blok Silinder

Komponen ini merupakan tempat piston bekerja yang akan melakukan proses pemindahan energi panas menjadi mekanis yang membuat mobil dapat berjalan. Selain itu, ada berbagai fungsi penting lainnya seperti mengarahkan energi pembakaran, tempat mekanisme engkol, tempat saluran pendingin, mengalirnya oli pelumas, dan sebagainya.

4. Piston

Piston memiliki peran proses pembakaran untuk menghasilkan tenaga yang bergerak naik turun dan mengasilkan energi ke seluruh bagian mesin. Kepala piston juga memiliki beberapa macam bentuk, ada yang cembung dan ada juga yang datar.

Dalam menjalankan tugasnya, piston memiliki Titik Mati Atas (TMA) dan Titik Mati Bawah (TMB). Komponen ini juga didukung beberapa komponen lain dalam menjalankan tugasnya di antaranya seperti ring piston dan batang piston.

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut