Sematkan Fitur Smart E-Mirror, Suzuki XL7 Punya Blackbox seperti Pesawat

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 29 Maret 2020 - 08:46 WIB
Sematkan Fitur Smart E-Mirror, Suzuki XL7 Punya Blackbox seperti Pesawat

Suzuki XL7 dibekali teknologi canggih Smart E-Mirror yang berfungsi sebagai spion tengah digital, kamera dan dilengkapi daschamp. (Foto: iNews.id/Dani M Dahwilani)

JAKARTA, iNews.id - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah meluncurkan sport utility vehicle (SUV) terbaru XL7 di pasar Indonesia. Melihat fitur-fitur yang disematkan pada mobil ini diyakni bakal menjadi trensetter di kelas low SUV.

Kenapa demikian? Tidak hanya fitur standar khas SUV, XL7 juga dibekali teknologi canggih yang tidak ada di kompetitornya, yakni Smart E-Mirror. Fitur ini berfungsi sebagai spion tengah (kaca mirror) dan kamera yang dapat memantau segala aktivitas di perjalanan.

Jika melihat sekilas, spion tengah Suzuki XL7 tidak ada bedanya dengan mobil-mobil lain. Namun, ketika mirror dinyalakan seperti ada layar kecil.

Smart E-Mirror terhubung dengan kamera belakang dan kamera depan. Ini membuat pengendara dapat melihat situasi di belakang mobil hanya melihat spion tengah digital.

Selain itu, pengendara juga bisa memantau situasi di depan mobil sehingga bisa mengatasi blind spot alias area titik buta. Ini sangat berguna untuk mengetahui jika ada benda atau anak kecil di depan kendaraan yang tak terlihat.

 

Tidak hanya itu, kamera depan bisa difungsikan sebagai dashcam. Fitur ini bisa merekam apapun yang terjadi selama perjalanan melalui kamera. Tak hanya gambar, kamera tersebut juga merekam suara, sehingga fungsinya seperti blackbox di pesawat.

Saat ini, fungsi kamera dashcam dibutuhkan sebagai alat bukti jika terjadi peristiwa di perjalanan, seperti tabrakan atau insiden lainnya. Bahkan, di beberapa negara, fitur ini diwajibkan dan bisa menjadi bukti klaim asuransi.

Fitur Smart E-Mirror merupakan yang pertama diterapkan pada low SUV di Indonesia. Teknologi tersebut tersedia pada varian tertinggi Suzuki XL7 Alpha. Varian mobil ini dijual seharga Rp256,5 juta untuk transimisi manual dan Rp267 juta untuk transmisi otomatis.

Editor : Dani Dahwilani