Strategi Suzuki Hadapi Pandemi Virus Corona di Indonesia

Dani M Dahwilani ยท Selasa, 24 Maret 2020 - 15:01 WIB
Strategi Suzuki Hadapi Pandemi Virus Corona di Indonesia

Suzuki menerapkan beberapa karyawan bekerja di rumah, menunda bepergian ke luar negeri dan kota baik atas perusahaan maupun pribadi untuk mencegah virus corona. (Foto: Suzuki)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi virus corona (Covid-19) menyebar cepat di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Guna mengatasi Covid-19 makin meluas, pemerintah mengimbau masyarakat dan pelaku bisnis untuk menjalankan aktivitas di rumah dan menghindari kerumunan massa (physical distancing).

Sejumlah perusahaan pun mengikuti aturan tersebut guna mencegah penyebaran virus terutama di lingkungan kerja. Salah satunya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Bagaimana langkah Suzuki menghadapi wabah virus corona, Direktur Marketing 4W (PT SIS) Dony Saputra dalam wawancara dengan iNews.id melalui pesan elektronik memberikan penjelasan, sebagai berikut:

Apakah kegiatan perkantoran back office untuk karyawan akan dilakukan dari rumah masing-masing (work from home/WFH)?

Saat ini, kami berlakukan beberapa kebijakan untuk karyawan kami dengan kondisi terakhir sebagai berikut. Pertama, beberapa karyawan yang memungkinkan, sudah bekerja dari rumah. Kami sedang berusaha menambah karyawan begitu (bekerja di rumah) sebanyak mungkin.

Suzuki juga menunda bepergian keluar negeri baik dari perusahaan maupun pribadi, serta menunda dan mengevaluasi kebijakan bepergian ke luar kota. Perusahaan memberikan beberapa pedoman dalam menggunakan fasilitas umum dan transportasi umum.

Di samping itu, perusahaan meninjau kembali aktivitas meeting dan meeting dengan beberapa parameter spesifik yang ditentukan, menunda semua training, gathering dan event

Sebagai pencegahan, Suzuki menerapkan scan suhu tubuh karyawan dan pengunjung di fasilitas Suzuki. Perusahaan juga menyediakan kelengkapan (alat cuci tangan, hand Sanitizer dan training menjaga kesehatan). Untuk meningkatkan imunitas, kami memulai dengan senam setiap pagi sebelum memulai kerja di kantor.

Mulai kapan dan sampai kapan aturan ini diberlakukan?

Semua dalam poin di atas tadi sudah kami sosialisaikan ke karyawan mulai minggu lalu, Jumat 13 Maret 2020.

Untuk kegiatan produksi, apakah juga disesuaikan waktunya? Atau akan di-shutdown sementara kegiatan produksi?

Untuk kegiatan produksi mengikuti point yang telah kami sampaikan di atas.

Bagaimana cara supaya servis kendaraan konsumen bisa di rumah? Berapa lama direspons dan pengerjaan apa yang bisa dilakukan?

Kami akan diagnosa apakah mobil bisa diperbaiki di rumah, atau perlu kami bawa ke bengkel Suzuki terdekat. Untuk waktu respons tergantung dari kepadatan atau jumlah penelepon. Kami akan selalu berusaha maksimal untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen setia Suzuki. Untuk strategi promosi selain digital, televisi dan koran masih efektif sampai saat ini.

Editor : Dani Dahwilani