Sleeper Bus dan Suites Class, Ini Perbedaannya dan Jangan Salah Pilih

Rilo Pambudi ยท Rabu, 17 Agustus 2022 - 22:40:00 WIB
Sleeper Bus dan Suites Class, Ini Perbedaannya dan Jangan Salah Pilih
Perbedaan Sleeper Bus dan Suites Class. Bus Sinar Jaya Suites Class (Foto: ticbus)

JAKARTA, iNews.id - Para pengguna moda transportasi umum darat khususnya bus perlu mengetahui perbedaan sleeper bus dan suites class bus. Hal itu agar pengguna bus tidak salah memilih ketika ingin salah satu bus yang sama-sama mewah tersebut.

Saat ini, ada banyak sekali model dan pilihan kelas yang disediakan layanan bus antarkota antarprovinsi (AKAP). Untuk kelas yang terbilang paling mewah, saat ini ada dua pilihan yakni sleeper bus dan suites class.

Lantas apa perbedaan dua bus kelas mewah tersebut? Berikut adalah ulasan perbandingannya yang dilansir iNews.id, Senin (1/8/2022).

Perbedaan Sleeper Bus dan Suites Class

Sleeper bus merupakan bus yang menyediakan sebuah kabin yang berisikan kasus atau tempat tidur di setiap baris dan memiliki dua tingkat. 

Posisi kasur pada sleeper bus benar-benar layaknya tempat tidur sungguhan yang membidang 180 derajat dan biasanya bertingkat lengkap dengan fasilitas penunjang kenyamanan seperti kasur, bantal, dan selimut.

Namun secara regulasi, sleeper bus yang memiliki kasur pada kabinnya tersebut tidak sesuai dengan PP Nomor 55 Tahun 2012. Menurut regulasi tersebut, yang tertera untuk uji tipe adalah jumlah kursi atau tempat duduk, dan bukannya tempat tidur.

Bus mewah dengan fasilitas tempat tidur dianggap kurang aman untuk penumpang ketika dalam perjalanan, khususnya jika terjadi kecelakaan. 

Sejak tahun 2016, sleeper bus sebenarnya telah berhenti beroperasi karena tidak sesuai regulasi. Namun, PO yang terkenal dengan armada sleeper bus yang masih aktif beroperasi adalah Putra Jaya, Bintang Timur, hingga Brilian.

Berbeda dengan sleeper bus, suites class memiliki kabin dengan kursi yang bisa direbahkan. Sudut maksimal dari rebahnya yaitu 150 derajat, jadi tidak rata seperti kasur. Lalu untuk keamanannya, dilengkapi dengan sabuk pengaman dua titik.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda