Suara Mesin Kasar saat Mobil Baru Dihidupkan, Ini Penyebabnya 

Bertold Ananda · Minggu, 20 Juni 2021 - 20:24:00 WIB
Suara Mesin Kasar saat Mobil Baru Dihidupkan, Ini Penyebabnya 
Suara mesin kasar saat mobil baru dihidupkan (starter) pastinya membuat Anda tidak nyaman. (Foto: Auto2000)

JAKARTA, iNews.id - Suara mesin kasar saat mobil baru dihidupkan (starter) pastinya membuat tidak nyaman. Beda dengan mobil yang sehat suaranya akan halus dan minim getaran. 

Jika ini terjadi menjadi pertanda mobil mengalami gangguan. Segera lakukan pengecekan agar kerusakan tidak semakin parah. 

Dilansir dari Auto2000, ini penyebab suara mobil kasar dan cara mengatasinya. 

1. Kekentalan oli berubah 

Suara mesin mobil kasar saat dingin tidak melulu terkait komponen yang mengalami keausan atau rusak. Penyebabnya bisa timbul akibat level kekentalan oli berubah. 

Ini karena setiap kendaraan membutuhkan tingkat kekentalan oli yang berbeda. Solusinya adalah gunakan oli mobil sesuai spesifikasi mesin pada buku petunjuk  penggunaan kendaraan. Jika tidak sesuai dengan karakter mesin Anda akibatnyan mincul suara yang tak biasa pada mesin mobil Anda. 

 2. Masalah pompa oli mesin  

Jika saat pengecekan ternyata kondisi olinya masih bagus, faktor lain yang menyebabkan suara mobil berisik adalah pompa oli bermasalah. Komponen ini memiliki fungsi sangat penting memompa oli dari saringan bawah ke seluruh bagian mesin dan sebagian disemprotkan lewat oil jet. 

Jika bagian ini mengalami masalah atau kerusakan, dipastikan oli tidak bisa melumasi semua komponen di dalam mesin secara menyeluruh. Akibatnya timbul suara berisik pada kendaraan Anda. Solusinya segera lakukan perbaikan dan penggantian part ke bengkel apabila ditemui pompa bensin rusak atau bermasalah. 

3. Bearing atau pulley mobil aus

Penyebab selanjutnya bisa disebabkan oleh masalah bearing atau pulley mobil mengalami keausan. Bearing merupakan bantalan pengganjal dua komponen di dalam mesin yang saling bergesekan. Benda ini berfungsi mencegah komponen gampang aus. Jika bering mengalami keausan bahkan rusak sudah pasti dua komponen akan saling bergesekan keras dan menimbulkan suara. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda