Suara Mesin Mobil Tiba-Tiba Kasar, Jangan Panik Ini 5 Komponen yang Perlu Diperiksa

Dani M Dahwilani · Selasa, 29 November 2022 - 15:22:00 WIB
Suara Mesin Mobil Tiba-Tiba Kasar, Jangan Panik Ini 5 Komponen yang Perlu Diperiksa
Suara aneh pada mobil tidak hanya menganggu kenyamanan tapi juga menjadi indikasi ada masalah pada kendaraan bermasalah.  (Foto: Auto2000)

JAKARTA, iNews.id – Suara mobil tiba-tiba terdengar kasar jangan panik. Anda bisa mameriksa bagian-bagian komponen yang kemungkinan menjadi sumber masalah.

Suara aneh pada mobil tidak hanya menganggu kenyamanan tapi juga menjadi indikasi ada masalah pada kendaraan bermasalah. Apa yang harus diperiksa dan bagaimana cara mengatasinya? 

“Suara kasar di balik ruang mesin dapat terjadi jika ada masalah pada salah satu komponen mobil di dalamnya. Anda dapat memeriksa asal suara tersebut untuk memastikan masalah yang timbul," ujar Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara dalam keterangan tertulis dilansir Selasa (29/11/2022). 

Berikut komponen-komponen mobil yang perlu diperiksa bila suara mobil berubah kasar:

1. Sabuk Pemutar 

Beberapa komponen mobil menggunakan tenaga mesin untuk bekerja, seperti kompresor AC dan alternator, melalui sabuk pemutar untuk memindahkan tenaga mesin ke komponen tersebut. Sabuk pemutar akan mengalami keausan karena pemakaian dan berbunyi jika dibiarkan hingga habis bidang geseknya. Jika diemikian, segera ganti sabuk pemutar supaya tidak putus dan menimbulkan masalah lebih besar. 

2. Kompresor AC Mobil 

Penyebab pertama suara kasar dari ruang mesin adalah kompresor AC mobil. Komponen pendingin kabin ini bisa menimbulkan suara berisik dan kasar, terutama jika olinya sudah mulai habis. Pastikan oli kompresor AC tidak sampai kering, karena akan membuat komponen jebol. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda