Survei: Biaya Servis Mobil Termurah Diduduki Honda, Termahal GMC
MICHIGAN iNews.id - We Predict mengungkapkan hasil studi terkait biaya servis alias perawatan mobil pada tiga bulan pertama kepemilikan. Merek mobil apa yang termurah?
We Predict mengungkapkan dari segi industri yang lebih luas, merek non-premium dengan biaya servis kendaraan terendah diduduki Honda. Mobil-mobilnya memiliki rata-rata biaya perbaikan 21 dolar AS dalam 90 hari pertama kepemilikan. Terburuk adalah GMC, perbaikannya mencapai rata-rata 132 dolar AS.
Berita tersebut terus berlanjut baik untuk Honda, karena merek premiumnya Acura juga menduduki puncak tangga dalam peringkat merek premium. Diikuti Lexus, dengan rata-rata 30 dolar AS selama tiga bulan pertama kepemilikan.
Dilansir dari Carscoops, Minggu (23/4/2021), Honda memimpin biaya servis termurah di segmen mobil kompak (Honda Civic), segmen premium kompak (Acura ILX), dan segmen mobil menengah (Honda Accord).

Sementara itu, Porsche berada di urutan terbawah grafik premium, dengan biaya rata-rata 167 dolar AS per kendaraan. Di mana kendaraan premium (69 dolar AS) cenderung memiliki biaya servis 90 hari lebih tinggi daripada kendaraan massal (33 dolar AS).
Terlepas dari performa kuat Honda di peringkat merek, kendaraan Toyota Motor Corporation adalah yang termurah di empat segmen (SUV premium menengah, Lexus GX; mobil sporty premium kompak, Lexus LC; SUV premium kompak, Lexus UX; dan SUV besar, Toyota Sequoia), paling banyak dari semua merek. Honda berada di urutan kedua, diikuti Nissan dan Ford di masing-masing tiga kendaraan yang memimpin segmen.

Nissan mengambil segmen SUV premium besar (Infiniti QX80), segmen SUV menengah (Nissan Murano), dan segmen komersial (Nissan NV200).
Sementara Ford menang di segmen SUV kompak (Ford Ecosport), pikap large heavy duty (Ford F-250), dan pikap menengah (Ford Ranger).
Studi We Predict mencakup lebih dari 801.000 unit kendaraan pada 306 model dan memperhitungkan 1,6 juta pesanan servis atau perbaikan. Ini mencakup biaya pemeliharaan, perbaikan yang tidak direncanakan, garansi dan penarikan, kampanye layanan, diagnostik, serta pembaruan perangkat lunak.
Editor: Dani M Dahwilani