Survei Google: Konsumen Menahan Beli Mobil, Ini Saran untuk APM

Dani M Dahwilani ยท Jumat, 14 Agustus 2020 - 16:29 WIB
Survei Google: Konsumen Menahan Beli Mobil, Ini Saran untuk APM

Google menyarankan tiga cara agar perusahaan otomotif dapat menarik minat pelanggan di masa seperti sekarang.

JAKARTA, iNews.id - Google merilis insights konsumen otomotif di Indonesia selama pandemi Covid-19. Survei memperlihatkan sebagian besar konsumen menahan membeli mobil.

Meski demikian, Google Trends menunjukkan minat mereka membeli mobil tetap tinggi. Survei juga memperlihatkan banyak konsumen yang membeli mobil via online. Di mana mayoritas konsumen memilih membeli di situs resmi produsen mobil.

"Singkatnya, saluran pembelian online semakin berperan penting dalam pencarian untuk membeli mobil yang mereka minati," ujar Senior Tech and Telco Industry Analyst Google Indonesia Yudistira Adi Nugroho, dalam video conference Foogle Meet, Jumat (14/8/2020).

Dia memaparkan 43 persen konsumen ingin membeli mobil via online, dan mayoritas pembeli (71 persen) ingin membeli langsung dari situs web dealer. Ini kenaikan sangat pesat jika dibandingkan pada 2019, hanya 4 persen konsumen yang siap membeli mobil via online.

“Cara masyarakat Indonesia dalam mencari konten relevan, riset, dan membeli mobil kini lebih bergeser ke online, dan itu didominasi orang-orang berusia 18-35 tahun,” katanya

“Kami melihat ada perubahan yang cepat di industri otomotif, bukan hanya karena pandemi tetapi juga perubahan kebiasaan pengguna. Orang-orang yang mau membeli mobil sekarang lebih suka mencari via online, dan seiring perubahan perilaku pengguna, industri mobil juga harus beradaptasi,” ujar Yudistira.

Menurut survei yang diikuti 1.000 responden dari dalam dan luar pulau Jawa, pada situasi sekarang produsen mobil perlu mengambil sejumlah langkah penting untuk menaikkan penjualan.

Google menyarankan tiga cara agar perusahaan otomotif (agen pemegang merek/APM) dapat menarik minat pelanggan di masa seperti sekarang. Pertama, berikan informasi lengkap di situs web resmi perusahaan, dengan fokus khusus pada situs seluler. Kedua, tingkatkan kemampuan belanja online sebagai saluran pembelian utama. Ketiga, tawarkan lebih banyak promosi.

Untuk membantu menggenjot penjualan otomotif, Google menggelar pameran virtual Indonesia Otomotif Online Festival (IOOF) yang akan menampilkan serangkaian acara live dan program khusus di YouTube pada 25-29 Agustus 2020. Termasuk di dalamnya video unboxing dan ulasan otomotif.

Editor : Dani Dahwilani