Survei Google: Konsumen Menahan Beli Mobil, Ini Saran untuk APM
“Kami melihat ada perubahan yang cepat di industri otomotif, bukan hanya karena pandemi tetapi juga perubahan kebiasaan pengguna. Orang-orang yang mau membeli mobil sekarang lebih suka mencari via online, dan seiring perubahan perilaku pengguna, industri mobil juga harus beradaptasi,” ujar Yudistira.
Menurut survei yang diikuti 1.000 responden dari dalam dan luar pulau Jawa, pada situasi sekarang produsen mobil perlu mengambil sejumlah langkah penting untuk menaikkan penjualan.
Google menyarankan tiga cara agar perusahaan otomotif (agen pemegang merek/APM) dapat menarik minat pelanggan di masa seperti sekarang. Pertama, berikan informasi lengkap di situs web resmi perusahaan, dengan fokus khusus pada situs seluler. Kedua, tingkatkan kemampuan belanja online sebagai saluran pembelian utama. Ketiga, tawarkan lebih banyak promosi.
Untuk membantu menggenjot penjualan otomotif, Google menggelar pameran virtual Indonesia Otomotif Online Festival (IOOF) yang akan menampilkan serangkaian acara live dan program khusus di YouTube pada 25-29 Agustus 2020. Termasuk di dalamnya video unboxing dan ulasan otomotif.
Editor: Dani M Dahwilani