Tesla Diam-Diam Patenkan Wiper Elektromagnetik untuk Kaca Mobil Cybertruck

Dani M Dahwilani ยท Jumat, 06 Desember 2019 - 15:27 WIB
Tesla Diam-Diam Patenkan Wiper Elektromagnetik untuk Kaca Mobil Cybertruck

Paten Tesla menegaskan wiper elektromagnetik lebih hemat energi daripada model yang digerakkan motor, karena membutuhkan lebih sedikit tenaga listrik. (Foto: Carscoops)

LOS ANGELES, iNews.id - Bicara mobil listrik Tesla sepertinya tidak pernah habis. Salah satunya mengenai mobil terbaru Tesla Cybertruck. Setelah kaca pecah saat demonstrasi kekuatan, mobil ini mendapat sorotan dari regulasi jalan raya Australia terkait keamanan bagi pengguna jalan lain.

Maklum, desain mobil ini kontroversial ini tanpa bumber dan seluruh bodinya terbuat dari bahan metal. Belum lagi yang menjadi sorotan mengenai wiper kaca mobil. Di mana model prototipe yang diperkenalkan tampak belum memiliki sistem pembersih kaca.

Dilansir dari Carscoops, Jumat (6/12/2019), diam-daiam pabrikan mobil listrik Amerika Serikat (AS) ini tengah menciptakan wiper kaca depan untuk Cybertruck.

Model wiper yang diajukan kepada Kantor Hak Paten dan Merek Dagang AS pada Maret 2019 yang diterbitkan September, memamerkan desain wiper tunggal yang bergerak dengan trek di bagian atas dan bawah kaca depan. Ini memungkinkan wiper bergerak horizontal melintasi kaca. Sistem ini menggunakan rel elektromagnet sebagai penggerak.

Sebagai perbandingan, wiper kaca depan biasa menyapu kaca dengan bentuk melengkung. Secara teori, sistem Tesla memiliki keunggulan lebih, yaitu kemampuan menjangkau sudut-sudut kaca depan yang biasanya tidak terjangkau.

Paten Tesla menegaskan wiper elektromagnetik lebih hemat energi daripada model yang digerakkan motor, karena membutuhkan lebih sedikit tenaga listrik.

Tesla mengatakan desain akan bekerja sangat baik pada kaca depan yang kompleks dengan kurva rumit. Namun, Automobile Magazine menunjukkan kaca depan datar Tesla Cybertruck dapat menjadi test sempurna wiper model tersebut.

Seharusnya mudah diimplementasikan dan saat tidak digunakan bilah wiper tunggal dapat dengan rapi dimasukkan ke dalam salah satu pilar A. Apakah ini akan terjadi? Kita tunggu, tapi yang jelas Tesla masih terus berinovasi.


Editor : Dani Dahwilani