Tips Menghilangkan Goresan dan Mencegah Bodi Mobil Berkarat

Dani M Dahwilani ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 17:46 WIB
Tips Menghilangkan Goresan dan Mencegah Bodi Mobil Berkarat

Perlu diingat, bila goresan pada bodi mobil sangat dalam segera tangani agar tidak berkarat. (Foto: SIS)

JAKARTA, iNews.id - Mobil kusam dan banyak goresan sangat tidak enak dipandang. Apalagi bila timbul karat, ini bisa menurunkan kualitas kendaraan

Bagi pemilik kendaraan di kota besar yang padat, goresan pada bodi mobil sulit dihindari. Bahkan, pengendara kerap tidak menyadari mobilnya telah tergores.

Bagaimana cara menghilangkan goresan? "Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mencuci mobil terlebih dahulu di tempat atau lokasi yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Lalu, gunakan compound untuk menghilangkan coretan dan baret halus pada bodi mobil," ujar Section Head Used Car and Body Paint Development PT SIS, Herli Barlian dalam keterangan tertulis kepada iNews.id, Selasa (23/6/2020).

Dia menuturkan, selanjutnya gosok bagian tersebut menggunakan kain micro fiber atau busa halus secara melingkar dengan tekanan sedang sampai goresan tidak terlihat. Setelah itu, oleskan wax dengan busa halus untuk menyempurnakan hasil compound. "Ulangi proses hingga mencapai hasil yang diinginkan," katanya.

Herli menyebutkan, bila goresan pada bodi mobil sangat dalam segera tangani agar tidak berkarat. Karat muncul karena terkelupasnya lapisan cat pelindung metal pada mobil, sehingga metal terpapar udara luar yang menyebabkan muncul karat.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kondisi tersebut adalah menghindari parkir terlalu lama di tempat lembab. Segera cuci terutama bagian bawah mobil jika terkena hujan, periksa karet atau list penahan air di kaca pintu dan segera ganti jika karet sudah bocor atau tidak lentur. "Jika ada goresan sampai plat bodi segera bersihkan dengan bensin supaya tidak timbul karat," ujarnya.

Editor : Dani Dahwilani