Top 5 Mobil MPV Termurah Tahun 2022, Siapa yang Terbaik?

Rilo Pambudi · Jumat, 08 Juli 2022 - 21:05:00 WIB
Top 5 Mobil MPV Termurah Tahun 2022, Siapa yang Terbaik?
Mobil MPV Termurah Tahun 2022 (Ilustrasi: iNews.id/ Komaruddin Bagja A)

JAKARTA, iNews.id - Top 5 mobil MPV termurah berikut ini mungkin dapat menjadi pilihan. Bagi pencinta otomotif, pastinya sudah tidak asing lagi dengan tipe SUV dan MPV.

Kedua jenis kendaraan roda empat tersebut sama-sama paling populer di pasar mobil Tanah Air. Meski orang sering menganggap keduanya sama, SUV dan MPV nyatanya berbeda baik secara ukuran, kekuatan mesin, dan kebutuhan.

SUV atau Sport Utility Vehicle merupakan jenis mobil yang mengadaptasi desain mobil offroad dengan aksen sporty guna menunjang kelincahan gerak mobil di segala medan.

Sedangkan mobil MPV atau Multi-Purpose Vehicle diciptakan guna menunjang berbagai kebutuhan baik untuk mobil penumpang atau angkutan niaga.

Karakter utama mobil MPV terletak pada kursi bagian belakang yang bisa dilipat sehingga ruang bagasi jadi lebih luas sebagai tempat penyimpanan barang. Mobil ini juga dikenal dianggap sebagai mobil keluarga karena kapasitas penumpangnya yang muat sampai 7 orang.

Lantas apa saja mobil MPV termurah yang ada di pasaran Indonesia?  Berikut ini adalah daftar 5 besar mobil MPV murah dan cukup populer di Tanah Air.

Top 5 Mobil MPV Termurah Tahun 2022:

1. Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova masuk dalam top 5 mobil MPV termurah berikutnya. Mobil ini telah mendapatkan sentuhan facelift dari versi sebelumnya (TAM). 

Terdapat 2 opsi untuk Toyota Kijang Innova versi facelift, yakni dengan kapasitas 2.000 CC yang berbahan bakar bensin, dan 2.500 CC yang menggunakan bahan bakar solar atau diesel. 

Toyota dengan mesin 2.000CC mampu mengeluarkan tenaga hingga 136 HP dengan torsi maksimal 182 Nm. Sementara itu, mesin dengan bahan bakar diesel mampu melaju dengan 102 HP pada torsi maksimal 200 Nm.

Kijang Innova mampu mengungguli kompetitor berkat penambahan beberapa fitur keselamatan yang semakin canggih. Misalnya saja, rangka GOA (Global Outstanding Assessment) yang dapat memberikan perlindungan secara maksimal pada seluruh penumpang. Mobil ini dibanderol dengan harga mulai Rp 350-an juta.

2. Mitsubishi Xpander

Mobil MPV dengan harga kompetitif berikutnya adalah Mitsubishi Xpander. Mobil ini telah menjadi salah satu unit yang cukup populer di Indonesia.  Pasalnya, Xpander tak hanya canggih, melainkan juga tangguh dan cocok untuk mengarungi segala medan.

Mobil ini memiliki kapasitas 1.500CC yang didukung teknologi MIVEC DOHC. Serta tipe transmisi yang dapat dipilih antara lain adalah manual dengan 5 percepatan, dan otomatis dengan 4 percepatan.

Secara dimensi, Xpander memiliki ground clearance sangat bagus dengan tinggi 205 mm. Mobil ini dibanderol dengan harga mulai Rp250-an juta.

3. Suzuki Ertiga

Pilihan mobil MPV murah berikutnya adalah Suzuki Ertiga. Ini adalah opsi Low MPV yang cocok untuk dibawa perjalanan panjang atau liburan ke luar kota. Mobil Suzuki Ertiga dilengkapi dengan mesin K14B DOHC 4 silinder berkapasitas 1.400 CC. 

Bukan hanya unggul secara performa mesin saja, Ertiga juga unggul dalam hal dimensi. Mobil ini memiliki ground clearance yang cukup tinggi yakni 185 mm.

Dengan kursi duduk bagian belakang dapat dilipat, mobil ini tidak hanya bisa menjadi kendaraan keluarga saja melainkan cocok untuk niaga karena mempunyai kapasitas bagasi yang lebih luas. Harga mobil ini dibanderol mulai Rp225,1 juta.

4. Honda Mobilio

Berikutnya ada mobil MPV terbaik dari pabrikan Honda, yakni Honda Mobilio. Mobil ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.5 Liter serta teknologi i-VTEC yang memberikan performa yang jauh lebih baik.

Berbekal mesin tersebut, Honda Mobilio dapat menempuh jarak maksimal dengan daya 116 HP pada torsi mesin 145 Nm. Meski performanya cukup gahar, banyak yang mengakui bahwa konsumsi bahan bakar Mobilio tergolong irit. 

Sebagai MPV, mobil ini memiliki dimensi 4.386 mm x 1.683 mm x 1.603 mm yang memberikan keluasan lebih di area kabin yang bisa menambah kenyamanan penumpang. Di situs resmi Honda, mobil ini dijual mulai harga Rp229.900.000.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda