Toyota Eksperimen Benamkan Mesin Hidrogen pada GR Yaris, Begini Jadinya

Dani M Dahwilani · Minggu, 05 Desember 2021 - 14:49:00 WIB
Toyota Eksperimen Benamkan Mesin Hidrogen pada GR Yaris, Begini Jadinya
Toyota bereksperimen menempatkan mesin bertenaga hidrogen pada GR Yaris. (Foto: Toyota)

TOKYO, iNews.id - Beberapa bulan lalu, Toyota menguji coba Corolla bertenaga hidrogen dalam balapan Super Taikyu 24 jam. Sekarang perusahaan Jepang ini bereksperimen menempatkan mesin yang sama pada Toyota GR Yaris

Dilansir dari Carcsoops, Minggu (5/12/2021), tidak seperti kendaraan bahan bakar sel tradisional seperti Mirai, GR Yaris eksperimental menggunakan mesin pembakaran internal yang disiapkan khusus menggunakan hidrogen, bukan bensin. Mobil tersebut hanya meminjam tangki bahan bakar hidrogen Mirai melalui proses pengisian bahan bakar sama.
 
Tangki hidrogen terletak di kursi belakang dan bagasi. Mesin tiga silinder 1.6 liter turbocharged dengan nama sandi G16E-GTS terkait erat dengan yang ada pada GR Yaris spesifikasi produksi, tetapi dilengkapi dengan sistem suplai dan injeksi bahan bakar yang dimodifikasi untuk membakar hidrogen.   

Selain menghilangkan sebagian besar emisi berbahaya pada model bensin, hidrogen juga terbakar lebih cepat sehingga membuat mesin eksperimental responsif. Keuntungan lain adalah mobil mempertahankan sebagian besar karakteristik kendaraan bertenaga ICE termasuk suara khas. 

Secara visual, konsepnya tidak jauh berbeda dari GR Yaris yang kita semua tahu, selain grafis mewah yang mengomunikasikan keunikan powertrain-nya. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: