Toyota Raize Mengaspal di Indonesia, Ada Tipe GR Sport

Dani M Dahwilani · Jumat, 30 April 2021 - 15:34:00 WIB
Toyota Raize Mengaspal di Indonesia, Ada Tipe GR Sport
Toyota menghadirkan varian Raize GR Sport yang terdapat pada tipe 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS dan 1.0 Turbo GR Sport CVT. (Foto: Toyota)

JAKARTA, iNews.id - PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan Toyota Raize secara virtual, Jumat (30/4/2021). Kehadiran mobil ini melengkapi pilihan di segmen sport utility vehicle (SUV). 

Toyota Raize hadir dalam enam varian, yaitu 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, 1.0 Turbo GR Sport CVT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo G M/T, serta varian 1.2 G CVT dan 1.2 G M/T.

Bagi konsumen yang ingin tampilan SUV sporty, Toyota menghadirkan varian Raize GR Sport yang terdapat pada tipe 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS dan 1.0 Turbo GR Sport CVT. Untuk tipe 1.0 Turbo mulai tersedia sejak 30 April 2021. Namun, untuk tipe 1.2 akan hadir pada semester kedua tahun ini.

President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda menyebutkan kemunculan model terbaru Toyota Raize akan menambah pilihan bagi konsumen Indonesia di segmen SUV sejalan dengan transformasi dari automobile company menjadi mobility company.

“Berbagai usaha untuk menyesuaikan layanan dengan tren dan kebutuhan yang berbeda di setiap lapisan masyarakat, perlu didukung pilihan kendaraan yang juga tepat untuk masing–masing orang. Ke depan, sejalan dengan komitmen untuk menghadirkan total mobility solution," ujar Matsuda dalam video conference peluncuran Toyota Raize.

Toyota Raize pertama kali diluncurkan pada akhir 2019 di Jepang dan menjadi salah satu best-selling di pasar negeri Sakura. Dengan diluncurkannya Toyota Raize, menjadikan Indonesia sebagai negara pertama di luar Jepang menghadirkan SUV kompak ini.

“Dengan tampilan yang sporty, didukung fitur interior dan safety yang modern di kelasnya, kehadiran Toyota Raize diharapkan tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan, tapi mendorong pasar otomotif nasional menjadi lebih dinamis dan berkembang,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Sementara itu, Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmy Suwandy menerangkan, kontribusi segmen SUV terhadap total market Toyota terus meningkat. Pada 2017, kontribusi segmen SUV terhadap total penjualan Toyota masih berada di angka 11,9 persen. Hanya berselang tiga tahun, yaitu pada 2020, komposisinya naik lebih dari dua kali lipat hingga menjadi 25,9 persen.

“Kami sangat bersyukur produk–produk SUV Toyota dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan berkontribusi cukup besar terhadap total penjualan Toyota maupun pasar otomotif nasional,” ujarnya.

Eksterior dan Interior

Toyota Raize mempunyai dimensi kompak dengan panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm. Meski begitu, Raize tetap terlihat proporsional berkat wheelbase mencapai 2.525 mm dan ground clearance setinggi 200 mm.

Kesan sebuah SUV tampak dari aplikasi bumper trapezoidal tebal dan kokoh disertai sudut yang menyiku tajam dan agresif di depan. Illuminating headlamp, daytime running light (DRL), dan Sequential Turn Lamp, semua menggunakan LED, dan velg besar 17 inch pada tipe 1.0 T.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2