Virus Corona Meluas, Trump Minta Ford, GM dan Tesla Segera Produksi Ventilator

Dani M Dahwilani ยท Selasa, 24 Maret 2020 - 09:10 WIB
Virus Corona Meluas, Trump Minta Ford, GM dan Tesla Segera Produksi Ventilator

Presiden AS Donald Trump mengatakan tiga produsen mobil Ford Motor Co, General Motors Co (GM) dan Tesla Inc telah diberi lampu hijau segera membuat ventilator. (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan tiga produsen mobil AS Ford Motor Co, General Motors Co dan Tesla Inc telah diberi lampu hijau untuk segera memproduksi ventilator (alat bantu pernapasan) dan alat-alat kesehatan lainnya. Langkah ini diperlukan untuk menangani wabah virus corona (Covid-19) yang semakin luas

“Ford, General Motors, dan Tesla diberi kesempatan untuk membuat ventilator dan produk logam lainnya, CEPAT! @fema Go for it eksekutif otomatis, mari kita lihat seberapa baik Anda?" kata Trump di Twitter, seperti dilansir dari Reuters, Selasa (24/3/2020).

Pemerintah di sejumlah negara telah meminta bantuan produsen mobil membuat ventilator guna mengatasi kekurangan alat bantu pernapasan bagi pasien virus corona yang jumlahnya terus bertambah di dunia.

Ford, General Motors (GM), Ferrari, Tesla dan Nissan telah meningkatkan produksi ventilator dan peralatan lain untuk menangani pandemi Covid-19. Langkah ini diikuti raksasa Jerman Volkswagen (VW).

Volkswagen mengatakan telah membentuk gugus tugas menguji bahan-bahan dan memeriksa rantai pasokan bagaimana menggunakan teknologi cetak 3D untuk membantu membuat ventilator bagi rumah sakit serta peralatan yang dapat menyelamatkan nyawa pasien.

“Peralatan medis ini adalah bidang baru bagi kami. Tetapi segera setelah kami memahami persyaratannya, dan menerima cetak biru, kami dapat memulai,” kata Volkswagen, seraya menambahkan komponen prototipe telah dicetak melalui merek Skoda.

VW mengatakan perusahaan multi-merek yang berbasis di Wolfsburg, memiliki lebih dari 125 printer industri 3D telah berkoordinasi dengan pemerintah dan pihak berwenang untuk memenuhi kebutuhan.

Sementara itus, General Motors dalam pernyataannya mengatakan perusahaan bekerja dengan Ventec Life Systems meningkatkan logistik dan keahlian produsen mobil AS membangun lebih banyak ventilator.

"Kami bekerja sama dengan Ventec secara cepat meningkatkan produksi produk pernapasan yang sangat penting untuk mendukung perjuangan negara kami melawan pandemi Covid-19," kata CEO GM Mary Barra.

Merek mobil sport Volkswagen, Porsche, juga mengatakan mereka ingin membantu dalam pertolongan pasien. "Kami sedang mengumpulkan ide-ide tentang apa yang bisa kami lakukan dalam bantuan kemanusiaan," kata Kepala Eksekutif Porsche, Oliver Blume.

Produsen mobil BMW yang berbasis di Munich (BMWG.DE) menyebutkan pihaknya juga siap membantu. "Produksi komponen menggunakan teknologi cetak 3D adalah suatu kemungkinan," katanya.

Editor : Dani Dahwilani