5 Trik Membeli Motor Lewat Situs Online, Jangan Tergiur Harga Murah

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 08 April 2020 - 16:30 WIB
5 Trik Membeli Motor Lewat Situs Online, Jangan Tergiur Harga Murah

Jangan sampai tertipu, konsumen harus cermat dalam memilih website jual beli sepeda motor online. (Foto: Ilustrasi/Shopee)

JAKARTA, iNews.id - Membeli sepeda motor secara online di tengah pandemi virus corona (Covid-19), menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia. Selain menerapkan aturan pemerintah terkait social distancing membeli motor lewat online juga lebih efektif.

Namun, konsumen juga harus cermat dalam memilih website jual beli sepeda motor online. Ini agar terhindar dari penjualan palsu yang justru bisa merugikan.

Berikut adalah beberapa tips aman membeli motor melalui platform online tanpa harus bertatap muka dilansir dari situs Honda Cengkareng, Rabu (8/4/2020):

1. Cari Website Terpercaya

Hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli motor secara online adalah pastikan website itu aman dan terpercaya. Konsumen bisa mencari informasi kepada teman atau keluarga yang pernah membeli melalui website tersebut.

Jangan lupa untuk membaca kebijakan-kebijakan mulai dari persyaratan, garansi motor hingga aturan pengembalian produk jika barang yang diterima cacat.

2. Kredibilitas dan Reputasi Penjual

Jangan terburu-buru bertransaksi. Periksa kredibilitas penjual dari website tersebut terlebih dahulu. Konsumen bisa menilai kredibilitas penjual dengan melihat testimoni yang diberikan pembeli-pembeli sebelumnya.

Website independen yang terpercaya pasti menyediakan platform untuk pembeli memberikan ulasan terkait motor yang dibeli di website tersebut.

3. Lihat Detail Harga

Harga murah memang menjadi daya tarik bagi setiap konsumen jika membeli motor. Namun, jika harga yang diberikan tidak masuk akal dan tidak jelas rinciannya, sebaiknya konsumen mengurungkan niat membeli motor tersebut, karena mungkin penjual ingin menipu.

4. Baca Deskripsi

Sebelum memutuskan membeli motor, pastikan membaca informasi atau deskripsi terkait motor tersebut. Jangan sampai motor tidak sesuai dengan apa yang diinginkan.

5. Metode Pembayaran

Saat pembelian motor secara online, perhatikan metode pembayaran yang ditawarkan dan jangan pernah mentransfer dana ke nomor rekening pribadi. Pilihlah website yang memiliki rekening atas nama badan usaha, seperti PT atau CV, yang keamanannya sudah terjamin.

Pastikan penjual menawarkan opsi Cash On Delivery (COD) agar pembeli lebih terjamin jika seluruh transaksinya dilakukan saat serah terima barang.

Semoga beberapa tips saat membeli motor online ini bisa bermanfaat. Namun, akan lebih baik jika saat ingin membeli motor, langsung datang ke dealer kepercayaan konsumen.

Editor : Dani Dahwilani