Banyak Pengendara Motor Terlindas Truk, Waspadai Bahaya Blind Spot 

Dani M Dahwilani · Kamis, 10 Juni 2021 - 11:29:00 WIB
Banyak Pengendara Motor Terlindas Truk, Waspadai Bahaya Blind Spot 
Banyak kasus pengendara motor terserempet bahkan terlindas kendaraan besar karena sang sopir tidak melihat atau menyadari (blind spot) ada pemotor. (Fot: YouTube Abu Ghan Razk))

JAKARTA, iNews.id – Berkendara sepeda motor lebih menyenangkan dan efisien baik dari segi waktu maupun jarak tempuh perjalanan. Motor lebih lincah dan mudah menyalip. 

Namun, ada bahaya yang sulit terdeteksi. Salah satunya blind spot alias area titik buta kendaraan lain yang lebih besar, seperti truk dan bus. 

Banyak kasus pengendara motor terserempet bahkan terlindas kendaraan besar karena sang sopir tidak melihat atau menyadari ada pemotor.

“Seringkali pengendara kurang berhati-hati ketika berada di samping atau belakang kendaraan yang memiliki ukuran besar sehingga tanpa sadar pengendara sepeda motor berada pada posisi blind spot yang berpotensi terlibat kecelakaan ketika berkendara,” ujar Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky, dalam keterangan pers, Kamis (10/6/2021).

Untuk menekan potensi terjadinya kecelakaan akibat titik buta bagaimana caranya? Lucky membagikan tips, sebagai berikut:

1. Lihat Spion Sebelum Belok

Pastikan area blind spot secara visual dengan melihat ke kanan atau ke kiri spion sebelum berubah arah atau lajur. Alternatif lainnya, dapat juga memasang spion tambahan untuk meminimasi area blind spot.

Trik lainnya Anda bisa melihat kaca spion kendaraan besar. Bila Anda melihat sang sopir di kaca spoin, dipastikan dia juga mengetahui ada Anda lain di sekitar. 

2. Mata dan Pendengaran Fokus

Fokuskan mata dan pendengaran saat berkendara untuk memaksimalkan kewaspadaan terhadap lalu lintas di jalan. Untuk itu, hindari mendengarkan musik dengan headset saat berkendara serta hindari menggunakan knalpot tidak standar karena berpotensi menurunkan konsentrasi dan kewaspadaan saat berkendara.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2