Mengenal 8 Jenis Sepeda Motor dari Model Skuter hingga Touring 

Fikri Kurniawan · Kamis, 10 Juni 2021 - 07:54:00 WIB
Mengenal 8 Jenis Sepeda Motor dari Model Skuter hingga Touring 
Sepeda motor banyak digunakan untuk mobilitas, karena lebih praktis, efisien dan dapat menembus kepadatan lalu lintas. (Foto: Honda/Kawasaki) 

JAKARTA, iNews.id - Sepeda motor merupakan kendaraan yang paling banyak digunakan di Indonesia. Fungsinya bermacam-macam, ada untuk bekerja hingga sekadar hobi. 

Menunggangi roda dua sendiri mengasyikkan. Terlebih jika digunakan untuk mobilitas di kota-kota besar, karena lebih praktis, efisien dan dapat menembus kepadatan lalu lintas. 

Sepeda motor memiliki bermacam-macam jenis. Tentu disesuaikan dengan model dan kegunaannya 

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut jenis-jenis sepeda motor:  

1. Motor Bebek (Cub) 

Motor bebek (Cub), adalah sepeda motor kecil yang dibangun di atas kerangka yang sebagian besar terdiri atas pipa berdiameter besar. Desain ini dikenal sebagai "step-through" di Barat.  

Meskipun posisi tangki bahan bakar, dan penahan percikan air pada motor bebek mirip dengan skuter tetapi roda, posisi mesin, dan transmisi lebih mirip dengan desain sepeda motor konvensional. Meskipun ada perbedaan mendasar dalam desain, kadang-kadang motor bebek dipasarkan sebagai skuter. 

2. Skuter 

Sepeda motor skuter (scooter) kini paling banyak digunakan terutama Asia. Jenis motor menggunakan transmisi otomatis, sehingga lebih praktis.  

Awalnya motor tersebut dibangun sebagai kendaraan roda dua perkotaan. Namun, seiring perkembangan teknologi skuter kini memiliki berbagai model dan ada yang berkapasitas mesin lebih besar. 

3. Dual-Sport 

Bergeser ke jenis lain, sepeda motor ini dirancang bisa menempuh jalur aspal maupun tanah (on road dan off road). Meski cenderung digunakan sebagai hobi, tetapi tak sedikit oranf menggunakan motor ini untuk sehari-hari. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2 3