Belum Terbukti Bermasalah, Honda Masih Bisa Produksi Rangka eSAF
JAKARTA, iNews.id– Rangka eSAF (enhanced Smart Architechture Frame) milik Honda belum terbukti bermasalah seperti yang beredar di media sosial. Tim gabungan juga masih mencari penyebab terjadinya karatan hingga keropos dengan data yang valid.
Senior Investogator KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi), Ahmad Wildan menegaskan pihaknya juga belum bisa memberikan rekomendasi recall atau penarikan kembali untuk rangka eSAF.
Wildan menyampaikan bahwa KNKT, bersama PT Astra Honda Motor (AHM) dan Kementerian Perhubungan akan mendalami kasus rangka eSAF yang keropos. Namun, itu membutuhkan waktu dan proses yang cukup panjang untuk mendapatka hasilnya.
“Sebagai bentuk perhatian yang tinggi pemerintah terhadap kasus ini, pemerintah membentuk tim penelitian yang terdiri atas Kemenhub, KNKT dan AHM. Untuk mengidentifikasi permasalahan dan merumuskan mitigasi yang tepat agar hal ini tidak terulang pada semua jenis kendaraan bermotor di Indonesia, tidak hanya Honda,” kata Wildan kepada wartawan di Jakarta Pusat, Senin (28/8/2023).
Belum terbukti bermasalah, Honda masih bisa memproduksi rangka eSAF dan memasang pada beberapa skuter matik andalan mereka. AHM juga memastikan produk yang mereka pasarkan sudah melalui proses uji kualitas demi kenyamanan dan keamanan konsumen.
“Saat ini belum (penghentian produksi) karena masih dicari (penyebab rangka eSAF patah). Saya juga tidak tahu error-nya dari mana kecuali itu error karena desain. Tapi kan sekarang kondisinya belum tahu, kita tidak mau membabi buta,” ujar Wildan.
Untuk memastikan rangka eSAF diproduksi dengan kualitas standar tinggi, Wildan mengatakan KNKT dan Kemenhub akan melakukan kunjungan ke pabrik AHM. Ini untuk memastikan bahwa proses produksi tak sembarangan.
“Kita akan melakukan kunjungan ke perusahaannya bagaimana rangka itu dibuat. Jadi kita punya gambaran sebetulnya ada masalah apa. Ini akan dibuat sebuah pengembangan untuk mencegah hal ini terjadi lagi. Itu aja,” ucapnya.
Sekadar informasi, saat ini rangka eSAF digunakan pada skutik Honda Genio, BeAT, BeAT Street, Scoopy, dan Vario 160. Ini ditujukan untuk membuat motor lebih ringan sehingga efisiensi bahan bakar tercapai.
Editor: Ismet Humaedi