Bukan Listrik, Toyota dan Kawasaki Kolaborasi Kembangkan Motor Bertenaga Hidrogen

Muhamad Fadli Ramadan · Kamis, 22 September 2022 - 10:08:00 WIB
Bukan Listrik, Toyota dan Kawasaki Kolaborasi Kembangkan Motor Bertenaga Hidrogen
Kawasaki mengumumkan telah menandatangani kesepakatan kerja sama dengan Toyota mengembangkan sepeda motor bertenaga hidrogen. (Foto; Japan News)

JAKARTA, iNews.idKawasaki mengumumkan telah menandatangani kesepakatan kerja sama dengan Toyota mengembangkan sepeda motor bertenaga hidrogen. Bagaimana dengan kendaraan listrik?

Infrastruktur yang belum memadai membuat produsen Jepang, seperti Kawasaki memilih mempertahankan mesin pembakatan internal (ICE). Kerja sama dengan Toyota dilakukan untuk menjaga eksistensi ICE tetapi lebih ramah lingkungan.

Kawasaki telah bekerja keras mengembangkan teknologi hidrogen dan lebih maju dibandingkan rivalnya. Mencapai kesepakatan dengan Toyota memperkuat komitmen mereka dalam menciptakan kendaraan bebas emisi.

Kesepakatan dengan Toyota menawarkan banyak keuntungan bagi Kawasaki. Salah satunya pabrikan mobil tersebut telah bekerja pada teknologi hidrogen sejak 30 tahun lalu, sehingga bisa mempercepat pengembangan.

Perusahaan asal Jepang itu sudah meluncurkan Toyota Mirai, mobil pertama di dunia dengan sepenuhnya menggunakan bahan bakar hidrogen. Mobil tersebut juga telah terjual 2.600 unit di seluruh dunia.

Dikutip dari Visordown, kesepakatan itu tercapai pada awal bulan ini, ketika Presiden Toyota Akio Toyoda mengendarai ATV bertenga hidrogen milik Kawasaki. Mesin yang digunakan pada ATV tersebut akan dipasang pada sepeda motor.

“Harus ada berbagai pilihan untuk mengurangi emisi karbon dioksida. Saya berharap pemerintah akan mendukung output dengan inovasi teknologi seperti ini, daripada menghentikan mesin ICE dengan regulasi,” kata Toyoda.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda