Bukan Mobil, Produksi Kendaraan Listrik di Indonesia Dimulai dari Sepeda Motor

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 10 November 2020 - 22:52:00 WIB
Bukan Mobil, Produksi Kendaraan Listrik di Indonesia Dimulai dari Sepeda Motor
Kemenperin menyatakan industri kendaraan listrik (electric vehicle/EV) berbasis baterai di Indonesia dimulai dari sepeda motor. (Foto: Grafis)

JAKARTA, iNews.id - Industri kendaraan listrik (electric vehicle/EV) berbasis baterai di Indonesia dimulai dari sepeda motor. Ini lantaran pangsa pasar sepeda motor di Indonesia sangat besar.

Plt Direktur Industri Maritim Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (Imatap) Ditjen Ilmate Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Restu Yuni Widayati mengatakan, saat ini terdapat 15 industri perakitan sepeda motor listrik yang sudah mendapatkan Nomor Identifikasi Kendaraan (NIK) dari Kemenperin.

"Salah satu syarat perusahaan memproduksi kendaraan bermotor harus mengantongi NIK dan memiliki kapasitas produksi sepeda motor listrik sebesar 877 ribu unit per tahun dan menyerap tenaga kerja sebanyak 1.429 orang," ujarnya dalam keterangan tertulis kepada iNews.id, baru-baru ini.

Restu menuturkan, pengembangan kendaraan listrik di Indonesia diklaim mampu menarik investasi di sektor industri komponen dan lainnya. Salah satu industri komponen yang diincar adalah baterai kendaraan listrik.

Sementara Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ilmate) Kemenperin, Taufiek Bawazier menjelaskan, selain pembuatan baterai kendaraan listrik, yang harus dipikiran selanjutnya adalah mempersiapkan fasilitas daur ulang baterai.

Editor : Dani Dahwilani