Bukan Mobil, Produksi Kendaraan Listrik di Indonesia Dimulai dari Sepeda Motor
"Usia baterai listrik bisa mencapai 10-15 tahun. Artinya, sepuluh tahun ke depan perlu dipersiapkan fasilitas recycling (daur ulang) untuk memperoleh nilai tambah baru baik
berupa material di dalamnya, seperti lithium, nikel, cobalt, mangan dan copper," katanya.
Proses daur ulang dapat meningkatkan pemanfaatan material, baik lithium dan mangan yang berupa carbonat dan nikel serta cobalt berupa sulfat yang dapat diperoleh dengan maksimal sehingga proses circular ekonominya mencapai titik optimal.
Menurut Taufiek, penguasaan teknologi recycling perlu dipikirkan dari sekarang seperti hydrometalurgi dan penggunaan teknologi AI ssrta robotik termasuk skill baru dalam pemrosesan baterai listrik.
"Baterai listrik terdiri dari cell, modul dan pack yang masing-masing diikat kuat oleh perekat yang membutuhkan keahlian khusus mengingat prasarat safety dan treatment baterai listrik berbeda dengan treatment baterai non-lithium," ujarnya.
Editor: Dani M Dahwilani